Produk Gemilang, Sepatu Sebatik Kabupaten Tangerang Siap Berangkat ke Belanda

by -55 Views
Sepatu Sebatik

BANTENNNOW.COM, CIKUPA — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, melepas ekspor produk sepatu Sebatik asal Kabupaten Tangerang yang akan menuju Belanda. Keberangkatan 300 pasang Sepatu Sebatik tersebut menjadi momentum penting dalam pemulihan perekonomian Kabupaten Tangerang pasca pandemi Covid-19.

“Kita melepas produk Sepatu Sebatik yang akan diekspor ke Belanda/Netherlands. Produk lokal Kabupaten Tangerang dapat diakui dunia,” ungkap Sekda saat melepas ekspor 300 pasang Sepatu Sebatik di Gerai Tangerang Gemilang, Jumat (7/7/23).

Dengan penuh semangat, Sekda Moch Maesyal Rasyid menyampaikan keyakinannya bahwa ekspor produk sepatu lokal Kabupaten Tangerang akan memperoleh sambutan hangat di pasar Eropa, terutama di Belanda yang dikenal sebagai salah satu pusat mode dunia. Ia berharap bahwa keberhasilan ini akan menjadi bukti bahwa produk lokal Kabupaten Tangerang memiliki kualitas dan daya saing yang tangguh di kancah internasional.

“Saya berharap batik lokal Kabupaten Tangerang dapat dipadupadankan di produk Sepatu Sebatik, yang nantinya menjadi produk unggulan,” harapnya.

Tidak hanya itu, Sekda juga menginspirasi para pelaku usaha lokal untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk dengan memadukan kearifan lokal Kabupaten Tangerang, khususnya batik, menjadi produk unggulan yang dikenal di seluruh dunia. Visi tersebut diwujudkan melalui kolaborasi dengan PT Sepatu Indonesia Jaya, yang telah sukses mengekspor produk Sebatik ke beberapa negara seperti Taiwan, Hong Kong, Jepang, Malaysia, dan Australia.

Des Chandra Kusuma, owner Sebatik, mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan ekspor produk sepatu lokal tersebut. “Saat ini produk Sebatik diekspor ke Belanda, dilepas langsung oleh Bapak Sekda. Sebanyak 300 pieces langsung dikirim ke Belanda, ” kata Des Chandra.

Dengan berbekal kualitas setara nasional dan standar internasional, produk Sebatik yang diproduksi di Cikupa, Tangerang, Banten, telah berhasil mengubah persepsi awal bahwa produksi tersebut hanyalah “sampah” yang terbuang. Kini, produk-produk Sebatik menjadi incaran para pembeli dari kalangan ekonomi menengah ke atas, yang juga mencakup sepatu, topi, sendal, dan rencananya akan memproduksi tas di masa depan.

“Produksi Sebatik pada awalnya ibarat sampah yang terbuang. Sekarang menjadi bahan yang banyak dicari di kalangan ekonomi menengah ke atas, produksinya terdiri dari sepatu, topi, sendal, dan akan di produksi nantinya tas,” tuturnya.

Seusai melepas ekspor, Sekda Moch Maesyal Rasyid dan jajaran pejabat pemerintah Kabupaten Tangerang mengunjungi Gerai Tangerang Gemilang. Gerai ini merupakan ajang untuk memamerkan produk-produk UMKM lokal, yang akan terus dibina dan didukung dalam akses pemasarannya oleh dinas dan instansi terkait. Dengan adanya upaya kolaboratif ini, diharapkan pengembangan produk-produk UMKM dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian lokal.

Melalui momentum yang gemilang ini, Kabupaten Tangerang membuktikan bahwa kreativitas, inovasi, dan kearifan lokal merupakan kunci sukses dalam meraih pasar internasional. Ekspor produk sepatu Sebatik ke Belanda menjadi langkah awal yang menjanjikan bagi perkembangan ekonomi Kabupaten Tangerang serta mengangkat citra produk lokal Indonesia ke level global.

No More Posts Available.

No more pages to load.