Peran Penting Komunitas Informasi Masyarakat dalam Sosialisasi Penanganan Stunting

by -54 Views
Digital Growth Indonesia
(credit: diskominfo kabupaten tangerang)

BANTENNOW.COM, TIGARAKSA — Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Tangerang diberikan dorongan untuk berperan aktif dalam mengedukasi dan memberdayakan masyarakat terkait dengan upaya pencegahan, penanggulangan, dan penanganan stunting melalui akses informasi dan komunikasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Ahmad Suryadi mengatakan, KIM adalah sebuah kelompok yang lahir dari masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang akses informasi dan komunikasi.

“KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi,” katanya, Rabu (20/09/2023).

Pengembangan KIM ini diinisiasi melalui forum diskusi yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang, dengan dukungan dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Provinsi Banten.

Forum ini mengusung tema “Pencegahan Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat yang Mandiri dan Kreatif dalam Pengelolaan Informasi” dan melibatkan para pemimpin dan penggiat informasi masyarakat dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam upaya pencegahan, penanggulangan, dan penanganan stunting, serta mematuhi Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ahmad Suryadi menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam forum ini sejalan dengan fokus tematik KIM, yang mencerminkan komitmen Pemkab Tangerang dalam mengatasi masalah stunting bersama dengan semua pihak yang terlibat di Kabupaten Tangerang. Dia juga mendorong peran aktif KIM sebagai sumber informasi yang berharga.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah untuk bertukar pendapat, diskusi, berkoordinasi dan bersinergi dengan harapan dapat meningkatkan penyebarluasan informasi terkait pentingnya penanganan stunting, dan kemudian menjadi awal KIM secara berkelanjutan dapat dibentuk dan aktif di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Forum Pembinaan KIM ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dr. Hendra Tarmizi, dan Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Pemerintahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Sri Indriastuti Widiyaningsih. Para pembicara dalam forum ini menjelaskan kebijakan, regulasi, dan dampak-dampaknya terhadap upaya percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Tangerang. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.