Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane Gelar Jogging Sambil Pungut Sampah

by
Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane

BANTENNOW.COM, TANGERANG – Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) menggelar kegiatan jogging sambil memungut sampah di jalanan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Acara itu dikemas dalam kegiatan Plogging, Bagging Waste and Fit, mulai dari Summarecon Mall Serpong, dan berakhir di Banksasuci Cihuni Gading Serpong, Minggu (05/06/2022).

Kegiatan yang digelar oleh komunitas pecinta lingkungan ini untuk meningkatkan kesadaran pentingnya kebersihan lingkungan hidup, dan menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini ditujukan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik.

“Kegiatan plogging itu adalah jogging sambil memungut sampah yang ada di jalanan. Alhamdulillah banyak peserta yang ikut hadir, kurang lebih ada 100 peserta yang ikut meramaikan ploging dengan memungut sampah sepanjang jalan kurang lebih ada 2,7 kilometer,” ucap Ade Yunus, Ketua Banksasuci.

Dia mengatakan, kegiatan plogging merupakan kampanye kesadaran masyarakat terkait kepedulian terhadap lingkungan hidup. Kelestarian lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi hal tersebut juga menjadi tugas semua elemen masyarakat.

“Dalam kegiatan ini kami juga melakukan penanaman pohon mangrove, mudah-mudahan dengan plogging ini kesadaran masyarakat akan meningkat tentang pentingnya kebersihan dan penggunaan plastik yang berlebih,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar oleh komunitas pecinta lingkungan ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik. Menurutnya, kegiatan plogging ini lebih dari sekedar memungut sampah, akan tetapi kegiatan ini juga merupakan aktivitas olahraga yang cukup menyenangkan.

Selain sehat, plogging ini juga dapat mengajak seluruh masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga dan memelihara lingkungan sekitar.

“Mari kita sama-sama saling bahu-membahu antara Pemerintah dengan masyarakat, untuk menjaga lingkungan kita dengan sebaik baiknya. Mengingat persoalan sampah ini merupakan masalah kita bersama yang harus diatasi bersama,” ucap Taufik. (kom/sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.