Diskominfo dan Seluruh OPD Kabupaten Tangerang Gelar Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023

by -41 Views
Rapat Evaluasi dan Capacity Building

BANTENNOW.COM — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Evaluasi dan Capacity Building Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Hotel Pesona Krakatau, Anyer, Kabupaten Serang, Banten, 22-24 November 2023.

Kepala Bidang Statistik Sektoral, Budi Lestari, hadir mewakili Kepala Diskominfo Nono Sudarno pada acara tersebut. Menurut dia, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pencapaian Peraturan Bupati pada Penyelenggaraan Statistik Sektoral Tahun 2023.

“Kita sama-sama perlu mengidentifikasi apa saja yang menjadi kesulitan dan hambatan untuk mencapai tujuan dimaksud dan perlu bersama-sama merumuskan solusi dan langkah-langkah terbaik untuk kita laksanakan pada tahun 2024,” kata Budi.

Acara tersebut bertujuan sebagaimana Peraturan Bupati Tangerang Nomor 88 Tahun 2021 tentang Pedoman Satu Data Tingkat Kabupaten Tangerang, untuk mewujudkan Penyelenggaraan Satu Data Tingkat Daerah.

Sehingga ketersediaan data yang akurat, mudah diakses, dan dibagipakaikan antarinstansi pusat dan perangkat daerah, sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan daerah serta mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis data.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Statistik Sektoral Budi Lestari menginformasikan bahwasanya Tertanggal 9 November 2023, BPS Provinsi Banten melalui surat nomor B- 1877/36000/VS.190/11/2023 perihal Permohonan Studi Banding Penyelenggaraan Statistik Sektoral, diinformasikan bahwa kita Pemerintah Kabupaten Tangerang berdasarkan hasil pleno EPSS 2023 Provinsi Banten memperoleh posisi terbaik pertama untuk tingkat Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten.

“Pencapaian ini merupakan prestasi bersama dari hasil kolaborasi seluruh pihak dalam hal ini perangkat daerah dan BPS Kabupaten Tangerang yang terlibat dalam penyelenggaran kegiatan statistik sektoral dan tak lepas dari peran pimpinan tertinggi di Pemerintah Kabupaten Tangerang Bapak Bupati, Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Komunikasi yang selalu memberi dukungan dan arahan,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut turut hadir juga Kepala BPS Kabupaten Tangerang, Husin Maulana, S.Si., MSE, serta Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Tangerang, Reza Septian Pradana, S.ST, serta pejabat pengelola data dan operator pengelola data dari setiap OPD di lingkup pemerintah Kab. Tangerang. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.