Kunjungan Komisi IX DPR RI ke Kabupaten Tangerang untuk Bahas Ketenagakerjaan

by -41 Views
Komisi IX DPR RI

BANTENNOW.COM, TANGERANG — Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Tangerang, dan Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony, menyambut delegasi tersebut dengan hangat di Aula Pendopo Bupati Tangerang, Ki Samaun Kota Tangerang, Rabu (08/11/23).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Andi Ony menyoroti peran Komisi IX DPR RI, yang berfokus pada kesehatan dan urusan ketenagakerjaan. Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengumpulkan masukan dan wawasan terkait isu ketenagakerjaan di Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten secara lebih luas.

“Selamat datang di Kabupaten Tangerang Anggota DPR RI Komisi IX. Saya berharap kunjungan ini dapat menjaring aspirasi dan masukan bagi Pemkab Tangerang serta dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak terutama dalam bidang ketenagakerjaan,” kata Andi Ony.

Pj Bupati Andi Ony menjelaskan mekanisme penetapan upah minimum di Kabupaten Tangerang, yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks-indeks tertentu.

“Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan Upah Minimum Provinsi (UMP) akan ditentukan dalam waktu dekat. Berdasarkan data dari lembaga statistik yang berwenang, tingkat inflasi Banten hingga September 2023 adalah 2,04%, dan pertumbuhan ekonomi mencapai 4,80%,” jelasnya.

Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan, Charles Honoris, mengungkapkan bahwa tujuan kunjungan mereka ke Kabupaten Tangerang adalah karena pertumbuhan industri yang signifikan dan dinamika yang terus berlangsung di wilayah tersebut.

Ia juga mengakui upaya pemerintah lokal dalam mendukung pekerja rentan, termasuk nelayan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta pedagang kaki lima, melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS ketenagakerjaan).

“Tujuan khusus kunjungan Komisi IX DPR RI ke Kabupaten Tangerang adalah untuk memahami langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah untuk efektifitas pelaksanaan upah minimum regional dan dampaknya terhadap pekerja di tiga wilayah penyangga ibu kota, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Depok, dan Kabupaten Bekasi,” jelas Charles, seorang anggota partai politik PDI Perjuangan.

Anggota-anggota Komisi IX DPR RI yang ikut dalam kunjungan tersebut antara lain Felly Estelita Runtuwene, Emanuel Melkiades Laka Lena, Itet Tridjajati Sumarijanto, Dewi Aryani, Kris Dayanti, Delia Pratiwi Sitepu, Dewi Asmara, Ade Rizki Pratama, A.R. Sutan Adil Hendra, Nurhadi, Nur Nadlifah, Linda Megawati, Lucy Kurniasari, Hasan Saleh, Alifudin, Sungkono, dan Muhamad Rizal. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.