Skrining Kesehatan Anak Sekolah dan Imunisasi, Upaya Puskesmas Jalan Kutai Demi Kesehatan Generasi Muda

by -77 Views
Pemeriksaan Kesehatan Murid Sekolah Dasar
Seorang perawat dengan penuh kehati-hatian memberikan imunisasi kepada murid-murid sekolah dasar. (credit: humas pemkab tangerang)

BANTENNOW.COM, KELAPA DUA — Puskesmas Jalan Kutai berperan penting dalam mendeteksi dini masalah kesehatan anak sekolah dengan menggelar skrining kesehatan di SDN Bencongan II, Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kegiatan skrining kesehatan ini meliputi Pemeriksaan Kuku, Telinga, Antropometri, dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) dan diikuti oleh 215 orang murid dari kelas 1 hingga kelas 6 SD.

Kepala Puskesmas Jalan Kutai, dr. Maftuha Darojat, menjelaskan bahwa skrining kesehatan ini mencakup berbagai aspek seperti pemeriksaan kuku, telinga, antropometri, dan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). Tujuannya adalah untuk mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan pada anak-anak sekolah sehingga tindakan pencegahan bisa dilakukan sejak dini.

“Melalui kegiatan ini, kami berupaya mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan pada anak-anak sekolah sehingga nantinya dapat dilakukan pencegahan sejak dini,” kata Kepala Puskesmas Jalan Kutai, dr. Maftuha Darojat.

Selain skrining kesehatan, Puskesmas Jalan Kutai juga melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan memberikan vaksin MR kepada sejumlah murid sebagai langkah pencegahan penyakit.

“Kami juga melakukan pemberian imunisasi untuk murid kelas 1 berupa Vaksin MR sebagai pencegahan Penyakit Campak dan Rubella,” ungkapnya.

Selain itu, pemberian imunisasi khusus untuk siswi kelas 5 juga dilakukan oleh petugas Puskesmas Jalan Kutai, yakni berupa pemberian Vaksin HPV sebagai pencegahan Infeksi Virus Papiloma Manusia yang menjadi salah satu penyebab Kanker Serviks. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.