Percepat Pendinginan TPA Rawa Kucing, Tambah Water Bombing dan Drone Thermal

by -39 Views
TPA Rawa Kucing

BANTENNOW.COM, NEGLASARI — Tim Gabungan Pemerintah Kota Tangerang tanpa lelah berupaya mencari solusi inovatif dalam proses operasi pemadaman di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang, Senin, (23/10/23).

Salah satu langkah terbaru yang mereka rencanakan adalah menambah unit-unit amunisi untuk meningkatkan efisiensi operasi pemadaman, dengan memperkenalkan penggunaan helikopter water bombing dan drone thermal.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, mengungkapkan bahwa Tim Gabungan Pemkot Tangerang telah mengidentifikasi sejumlah tantangan yang muncul selama operasi pemadaman.

Selama empat hari terakhir, mereka menemukan beberapa titik api yang sulit untuk dipadamkan secara total karena adanya gas metan yang terdapat di bawah tumpukan sampah yang sulit terdeteksi.

Sebagai bagian dari skema pemadaman terbaru yang akan diimplementasikan, Tim Gabungan Pemkot Tangerang tengah menjalin kerjasama untuk menggunakan drone thermal.

“Ketika melihat dari permukaan, api memang sudah tidak terlihat lagi. Yang tersisa hanya titik-titik kepulan asap. Seiring dengan rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kita sedang berusaha untuk mendapatkan drone thermal yang dapat membantu dalam memetakan dan mengidentifikasi titik-titik yang berisi gas metan,” ujar Arief.

Lebih lanjut, Arief menyebut bahwa Tim Gabungan Pemkot Tangerang telah mencapai kesepakatan dengan BNPB terkait penambahan satu unit helikopter yang akan digunakan dalam operasi water bombing, seperti yang sudah dilakukan saat ini.

Hal ini dilakukan untuk memperkuat daya amunisi dan meningkatkan efektivitas operasi pemadaman di sektor udara.

“Setelah dilihat dari pengamatan udara tadi kepulan asap masih sangat pekat, jadi kita telah mendapat informasi bahwa akan ada penambahan dari pusat (BNPB) terkait 1 unit helikopter water bombing lagi,” lanjutnya.

Selain itu, Tim Gabungan Pemkot Tangerang berharap penambahan 1 unit helikopter water bombing dan drone thermal dapat mempercepat penuntasan pemadaman di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang. (tw)

No More Posts Available.

No more pages to load.