Pemkab Tangerang Siagakan Tim Dokter Hewan untuk Antisipasi Penyebaran Antraks

by -63 Views
Antisipasi Penyebaran Antraks

BANTENNOW.COM, TIGARAKSA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah mengambil langkah proaktif dalam menghadapi potensi penyebaran penyakit antraks dengan menyiagakan tim dokter hewan yang terlatih. Dalam menghadapi ancaman serius ini, sembilan dokter hewan telah disiapkan untuk mengantisipasi dan menangani wabah penyakit yang mematikan ini.

“Kita punya sembilan dokter hewan. Paling tidak ketika antraks ini menjadi satu wabah menyeluruh, kita sudah siap,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Asep Jatnika, Kamis (13/7/2023).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika, mengungkapkan komitmen penuh pemerintah daerah dalam memperkuat langkah-langkah pencegahan. Pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan Pemerintah Provinsi Banten untuk memperkuat tim medis dan sumber daya manusia sektor kesehatan hewan.

“Nanti kalau ditemukan, pasti kita minta bantuan dari instansi terkait dan persatuan dokter hewan, bilamana kasus di kita terjadi,” katanya.

Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga meningkatkan pengawasan terhadap hewan ternak di wilayah mereka. Langkah-langkah ini meliputi pengetatan pengawasan dan lalu lintas ternak untuk mencegah masuknya hewan yang terinfeksi.

“Kita tetap lakukan pengawasan terus-menerus, sekaligus kita mengawasi juga terkait hebohnya antraks yang terjadi di Gunung Kidul, Yogyakarta,” ungkapnya.

Sampai saat ini, Kabupaten Tangerang masih terbebas dari kasus antraks pada hewan ternak. Namun, kesadaran akan potensi bahaya dan kesiapan tetap menjadi fokus utama. Pemerintah daerah berharap agar penyakit antraks tidak melanda, dan akan terus mewaspadai setiap tanda-tanda potensi penyebaran penyakit ini.

Dalam konteks ini, penting untuk diketahui bahwa antraks adalah penyakit zoonosis yang dapat menular dari hewan ke manusia. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan yang ketat dan pengawasan terhadap hewan ternak menjadi kunci dalam menjaga kesehatan masyarakat dan melindungi populasi ternak dari ancaman penyakit ini.

Dengan tindakan proaktif dan kesadaran yang tinggi, Pemerintah Kabupaten Tangerang berharap dapat menjaga keadaan tetap aman dari wabah penyakit antraks, dan memberikan perlindungan terbaik bagi kesehatan masyarakat dan hewan ternak di wilayah mereka.

No More Posts Available.

No more pages to load.