Menteri PANRB Meresmikan MPP Kota Tangerang: Peningkatan Dampak Positif untuk Kepuasan Masyarakat

by -56 Views
Mal Pelayanan Publik

BANTENNOW.COM, JAKARTA — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah memperoleh hasil yang membanggakan dalam upaya pelayanan publik yang prima dan optimal dalam meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kualitas layanan publik yang bermanfaat bagi warga.

Dalam upaya tersebut, Pemkot Tangerang telah meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai konsep pelayanan terpadu satu pintu yang revolusioner, dan peresmian ini disaksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, serta 13 Kepala Daerah dari seluruh Indonesia.

Suasana peresmian MPP dihadiri dengan semarak oleh Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, bersama Menteri PANRB dan para kepala daerah yang hadir. Acara berlangsung di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta Selatan, Kamis, (13/07). Keberhasilan peresmian MPP ini menjadi bukti nyata bahwa Pemkot Tangerang terus maju dalam meningkatkan standar pelayanan publik.

Dalam kesempatan tersebut, H. Sachrudin, Wakil Wali Kota Tangerang, mengungkapkan kegembiraannya atas peresmian MPP yang merupakan hasil dari dedikasi dan kemajuan yang telah dicapai oleh Pemkot Tangerang.

“Selama ini, Pemkot Tangerang terus berupaya dan berprogres agar konsep pelayanan terpadu satu pintu dengan menghadirkan MPP di Kota Tangerang. Dan alhamdulillah, MPP yang telah kita bangun bersama ini akhirnya diresmikan langsung oleh Menpan RB ,” tutur Sachrudin.

Wakil wali kota berharap, dengan peresmian MPP akan menjadi langkah awal untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan yang telah ada, agar semakin bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

“Tentunya pelayanan harus lebih optimal lagi, karena semangat dari MPP ini adalah untuk meningkatkan pelayanan yang cepat dan tepat. Nah, bagi masyarakat, silakan datang ke MPP Kota Tangerang, atau bisa juga melalui aplikasi Tangerang Live, karena sesuai dengan arahan presiden dan menteri bahwa dalam pengoptimalan SPBE ini, pelayanan juga harus dapat dilakukan secara digital dan elektronik,” terangnya.

Ditempat yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada 14 kepala daerah yang telah merancang dan membangun MPP dengan sukses.

Ia menganggap hal ini sebagai komitmen nyata kepala daerah dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. Anas juga menyoroti pentingnya kelanjutan MPP dengan meluncurkan MPP Digital sebagai langkah selanjutnya, di mana masyarakat tidak perlu lagi hadir secara fisik.

“Hal ini merupakan wujud komitmen kepala daerah dalam menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat. Karenanya saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya karena para bupati dan wali kota merancang berdirinya MPP. Mari kita bersama-sama terus belajar, saling gotong royong memberikan pelayanan yang lebih baik bagi publik,” ujar Anas.

Anas menekankan bahwa MPP adalah “rumah pelayanan fisik” yang memberikan kemudahan akses langsung kepada masyarakat. Namun, ia juga mengungkapkan bahwa Kementerian PANRB sedang mempersiapkan “rumah virtual”, yakni MPP Digital, sebagai bentuk pelayanan tanpa kehadiran fisik yang akan memberikan kemudahan akses melalui platform digital.

“Penyelenggaran MPP tentu harus berkelanjutan. Kita sudah masuk ke MPP Digital, sekarang tidak perlu masuk manual tapi langsung terintegrasi layanan Kemendagri ini berkat kerja keras bersama untuk menembus batas birokrasi digital,” tukas Anas.

Perlu dicatat bahwa Menteri PANRB telah meresmikan secara serentak 14 MPP di berbagai daerah, termasuk Kota Tangerang. Melalui terobosan inovatif ini, diharapkan pelayanan publik di Kota Tangerang dan daerah lainnya akan semakin meningkat dengan signifikan. MPP menjadi simbol dari komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, seiring dengan kemajuan teknologi digital.

No More Posts Available.

No more pages to load.