Menuju Era Smart City, Bupati Poso Acungi Jempol Super Apps Tangerang Live

by -39 Views
Era Smart City

BANTENNOW.COM — Penerapan konsep smart city dan e-government oleh Pemerintah Kabupaten Poso mendapat perhatian positif setelah resmi mengadopsi aplikasi smart city dari Kota Tangerang. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, dan Bupati Poso, dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang, Selasa, (14/11).

Dalam kunjungan kerja ke Kota Tangerang, Wali Kota Tangerang memaparkan langsung pengembangan smart city dan e-government melalui super apps Tangerang Live. Aplikasi ini telah terintegrasi dengan 203 aplikasi layanan yang dapat diakses oleh masyarakat.

“Di Kota Tangerang ini kami telah mengembangkan smart government dan e-city ini melalui super apps Tangerang Live yang telah terintegrasi dengan berbagai macam modul layanan dengan 203 aplikasi yang dapat diakses oleh masyarakat Kota Tangerang,” papar Arief.

Wali Kota juga menyatakan niat baik untuk menyediakan aplikasi Tangerang Live secara gratis kepada Pemerintah Kabupaten Poso. “Dan tentunya aplikasi Tangerang Live ini akan kami berikan agar dapat diadopsi oleh teman-teman Pemkab Poso secara gratis,” tambahnya.

Selain pembahasan mengenai smart city dan e-government, Wali Kota juga memperkenalkan sistem pelayanan publik terpadu yang dikelola oleh Pemkot Tangerang. Rombongan Kunker dari Pemkab Poso, yang dipimpin oleh Bupati Verna, diajak untuk meninjau infrastruktur dan fasilitas publik di Gedung Puspem Kota Tangerang serta sekitarnya.

Bupati Verna memberikan pujian atas inovasi yang telah dilakukan oleh Wali Kota Arief R. Wismansyah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Kota Tangerang.

“Luar biasa ya ini seperti di Singapura,” ucap Bupati Verna saat meninjau City Gallery di Puspem.

Ia juga menyatakan keinginan untuk belajar dari pengalaman Tangerang, khususnya terkait penerapan super apps Tangerang Live. Bupati Poso menekankan rencananya untuk mengadopsi aplikasi tersebut di Kabupaten Poso bersama dengan aplikasi SIMASN dan LAKSA.

“Dan memang selama di Singapura mengikuti kegiatan Diklat Lemhanas bersama ini kalo kita lihat memang ternyata sudah banyak juga yang dilakukan di Singapura itu telah dilakukan di Kota Tangerang. Jadi Best Practice-nya sudah beliau jalankan,” ungkap Verna.

Bukannya tanpa alasan, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah memang selalu menjadi yang terdepan selama pelatihan. Oleh karena itu, Kabupaten Poso sangat berkeinginan untuk menggali lebih banyak pengetahuan di Tangerang, terutama terkait implementasi super apps Tangerang Live.

“Makanya tidak heran beliau ini selama diklat selalu terdepan. Makanya kami ingin belajar banyak dari beliau terutama tentang penerapan super apps Tangerang Live yang tentunya kita acungi jempol dan akan kita terapkan dan adopsi di Kabupaten Poso bersama dengan aplikasi SIMASN dan juga LAKSA,” tukas Bupati Poso.

Sejauh ini, 47 daerah di Indonesia, termasuk kabupaten, kota, dan provinsi, telah mengadopsi aplikasi yang dikembangkan oleh Pemkot Tangerang. Hal ini mencerminkan pengakuan luas serta adopsi solusi smart city dan e-government dari Tangerang di seluruh negeri. (tw)

No More Posts Available.

No more pages to load.