Inovasi Transportasi Tangerang, Pembayaran Cashless dan Aplikasi Tersedia!

by -42 Views
Transportasi Tangerang
Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, Menunjukkan Dukungannya pada Transportasi Publik dengan Naik Bus Tayo, Minggu (29/10). (credit: humas pemkot tangerang)

BANTENNOW.COM, TANGERANG — Pemerintah Kota Tangerang telah berkomitmen untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan polusi udara dengan menghadirkan sistem transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Pemkot Tangerang memperkenalkan dua pilihan transportasi unggulan, yaitu Bus Rapid Transit (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) dan angkutan umum Si Benteng, dengan tarif yang sangat terjangkau, hanya Rp 2.000, serta dilengkapi dengan fasilitas ber-AC.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menjelaskan bahwa masyarakat diberikan beragam metode pembayaran yang praktis, seperti Tap on Bus (TOB) menggunakan berbagai kartu uang elektronik dan sistem pembayaran Q-ris.

“Cukup menggunakan pembayaran cashless (tanpa uang tunai), seperti Q-RIS, kartu e-money, atau TOB diantaranya Flazz BCA, BRI, BNI, Mandiri, BJB Banten,” ujar Arief, Minggu (29/10).

Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan dalam penggunaan transportasi publik di Kota Tangerang. Selain itu, telah diluncurkan Aplikasi Trans Tangerang yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi bus, sehingga mereka tidak perlu menunggu bus terlalu lama.

“Ini semua agar masyarakat dapat merasakan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan, dalam penggunaan transportasi di Kota Tangerang. Ditambah lagi dengan adanya Aplikasi Trans Tangerang untuk mengetahui posisi bus sehingga kita ngak perlu lama-lama nunggunya,” jelasnya.

Langkah ini tidak hanya mengurangi kemacetan lalu lintas, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan emisi dari kendaraan, yang dapat mengurangi polusi udara. Bus Tayo dan Si Benteng dirancang untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi penggunaan transportasi publik, serta membantu mengurangi tekanan terhadap lingkungan.

“Bus Tayo dan Si Benteng ini, tak lain untuk memudahkan masyarakat, supaya makin nyaman, aman dalam menggunakan transportasi publik. Dan tentunya, mengurangi kepadatan kendaraan juga mengurangi polusi lingkungan,” ucapnya.

Tersedia 80 angkutan Si Benteng dan 40 Bus Tangerang Ayo (Tayo) dengan beragam rute. Tayo memiliki 4 rute, sementara Si Benteng memiliki 9 rute. Armada ini beroperasi dari pukul 05.00 hingga 19.00 setiap hari, memberikan akses luas bagi masyarakat.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga menawarkan layanan Bus Jawara yang dapat dinikmati secara gratis. Bus Jawara beroperasi setiap hari mulai pukul 15.30 hingga 18.00 WIB dan membantu masyarakat berkeliling Kota Tangerang dengan nyaman. Ada 6 Bus Jawara dengan kapasitas 32 kursi dan rute yang meliputi berbagai destinasi menarik di Kota Tangerang. (tw)

No More Posts Available.

No more pages to load.