Atasi Stunting, Bupati Zaki Dampingi Presiden Bank Dunia dan Menkes RI ke Desa Serdang Kulon

by -70 Views
program pengentasan ekonomi dan stunting
Bupati Zaki bersama Presiden Bank Dunia Ajay Banga dan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi, berfoto bersama saat berkunjung ke Desa Serdang Kulon, Kecamatan Panongan, untuk mengevaluasi program-program kesehatan dan pengentasan stunting. (credit: humas pemkab tangerang)

BANTENNOW.COM, PANONGAN — Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mendampingi Presiden Bank Dunia, Ajay Banga, dan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi, melakukan kunjungan untuk mengevaluasi program pengentasan ekonomi dan stunting ke Desa Serdang Kulon, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Kamis (07/09/2023).

Presiden Bank Dunia, Ajay Banga, tidak hanya memantau dari jauh. Ia berkeliling ke tempat-tempat pelayanan kesehatan di desa, termasuk posyandu, dan ikut dalam kegiatan penyuluhan kesehatan. Ini adalah langkah nyata untuk memastikan bahwa dana yang diberikan oleh Bank Dunia benar-benar memberikan dampak positif kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Desa Serdang Kulon, Sukarna, dengan penuh rasa syukur menjelaskan bahwa tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mengentaskan masalah kesehatan, terutama stunting, yang merupakan permasalahan serius di Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini kami mendapat kunjungan dari World Bank atau Bank Dunia dan Menteri Kesehatan pak Budi Gunadi ke Desa Serdang Kulon, yang dimana kunjungan ini bertujuan untuk melihat penerapan program guna mengentaskan permasalahan kesehatan khususnya stunting di Indonesia,” ujar Sukarna.

Bank Dunia adalah salah satu mitra penting yang memberikan dana untuk desa-desa di Indonesia, sehingga penting untuk memastikan bahwa dana ini digunakan dengan tepat sasaran dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa.

Desa Serdang Kulon telah meluncurkan berbagai program dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Indonesia, termasuk program pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, penyuluhan kesehatan kepada remaja dan ibu hamil, dan langkah-langkah lainnya yang dirancang untuk melindungi generasi masa depan dari dampak stunting.

“Ini merupakan suatu kebanggan tersendiri untuk Desa Serdang Kulon. Harapan saya ke depan semoga dengan segala penerapan program yang sudah dilakukan, Desa Serdang Kulon ini dapat terhindar dari stunting,” ucapnya.

Sementara itu, Ajay Banga, Presiden Bank Dunia, dalam kunjungannya, menekankan bahwa kesehatan seseorang sangat ditentukan oleh apa yang terjadi dalam 1.000 hari pertama kehidupan mereka. Ini menggarisbawahi pentingnya memberikan akses nutrisi yang baik dan layanan kesehatan yang memadai selama masa penting ini, terutama pada bayi dan balita.

Ajay Banga juga mengakui prestasi yang telah dicapai oleh pemerintah Indonesia dalam program-program layanan kesehatan dan pengentasan stunting. Dia menyampaikan apresiasi kepada Menteri Kesehatan terkait pendekatan inovatif yang digunakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat, terutama dalam konteks kesehatan.

“Saya melihat kenyataan bahwa Indonesia telah melakukan program yang cukup baik di bidang layanan kesehatan termasuk stunting. Saya juga ingin mengucapkan selamat dan terimakasih kepada pak menteri terkait tentang cara pemerintah mendekati gagasan dan ide baru untuk membantu masyarakat khususnya terkait penerapan kesehatan,” ujarnya. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.