Studio Rosid, Membawa Pesan Nilai-Nilai Peradaban Kampung

by -71 Views
Studio Rosid

BANTENNOW.COM, BANDUNG — Bandung memang merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan budaya dan seni. Kawan, yuk main ke Kota Bandung. Di kota ini banyak sekali kantong kebudayaaan yang keren-keren, unik-unik, dan asyik-asyik.

Kantong-kantong kebudayaan itu bisa dijadikan tempat pembelajaran tentang seni, budaya dan mengasah nilai-nilai kemanusiaan kita. Namun bisa juga sebagai tempat kongkow dan nongkrong sambil menikmati kuliner tradisional khas sunda dan menu-menu kekinian.

Kawan, apabila engkau sudah ada di kota Bandung. Jangan lupa mampir ke kantong kebudayaan, Studio Rosid di Jalan Cigadung Raya Tengah, No 40, Kota Bandung.

Studio ini berada di dataran yang agak tinggi, sehingga udaranya sejuk. Karena itu berada di studio ini, engkau bakal betah, nyaman, bisa selonjoran, tidur-tiduran, dan dapet pencerahan batin pula.

Studio Rosid dikemas dengan konsep nuansa kampung. Di sana ada empat saung yang dibuat mirip saung di kampung-kampung atau di desa-desa.

Uniknya, di setiap dinding saung-saung itu dipajang atau digantung begitu banyak peralatan yang biasa digunakan orang-orang kampung dulu, seperti peralatan untuk memasak, bertani, berkebun dan kontruksi bangunan.

Studio Rosid

 

Ada pula miniatur dapur orang kampung yang dilengkapi dengan tungku api serta ratusan alat nemasak lainnnya yang juga digantung di dinding dapur tersebut seperti boboko ( tempat menyimpan nasi yg sudah matang), dulang untuk ngakeul nasi, dan lain-lain.

Di tangan rosid, alat-alat peradaban orang kampung yang dipajang atau digantung di setiap dinding saung dan dapur itu menjadi semacam seni instalasi yang keren, unik, hifip, memukau, dan enak dipandang mata.

Kawan, Kalau engkau benar-benar ada di sana, engkau bisabdibuat kaget dan terbengong-bengong dengan karya Rosid. Itu bisa dipahami karena rosid seorang pelukis (Perupa) ajib di kota bandung.

Alat-alat peradaban orang kampung itu dikumpulkan Rosid sejak tahun 2016 lalu. Diantaranya ada juga yang dudatangkan dari jawa tengah.

Kawan, kalau engkau datang ke sana gak usah bayar kok. Kecuali kalau pesen makanan di cafe-nya. ya itu mah harus bayar dong ah.

Harus diakui peradaban orang kampung itu hebat dan cemerlang. Terbukti mereka mampu menciptakan alat-alat petadaban mereka yang sederhana, namun punya nikai seni dan filosofis.

Karena itu, ketika peradaban orang kampung dihadirkan oleh Rosid di Kota Bandung menjadi menarik dan punya nilai tambah seni tinggi.

Kawan, Sebagai kantong kebudayaan di Kota Bandung, tentu saja studio rosid mampu membangkitkan romantisme orang-orand kampung pada tradisinya yang hebat dan cemerlang itu.

Ingat kawan, kita pada awalnya memang orang kampung. kita belajar nilai-nilai hidup dari peradaban kampung hingga kita punya karakter baik. Jagalah nilai-nilai itu agar engkau tidak kehilangan identitasmu sebagai manusia yang beradab.

Aku yakin, itulah pesan yang ingin dititipkan Rosid melalui kantong kebudayaanya, Studio Rosid itu.

Yuk, ah kita ke sana. (bud)

No More Posts Available.

No more pages to load.