Pekan Kebudayaan Nasional 2023, 40 Titik Ruang Tamu Tunggu Kehadiran Anda

by -56 Views
Pekan Kebudayaan Nasional 2023

BANTENNOW.COM, JAKARTA — Perhelatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 yang sudah berlangsung sejak Juni lalu telah tiba di penghujungnya. Setelah fase “Rawat” dalam bentuk pra-acara seperti residensi dan penelitian yang dilakukan sepanjang Juni, diikuti fase “Panen” sejak Juli hingga Agustus 2023 yang berisi pengumpulan hasil, dokumentasi, dan pengarsipan, kini tibalah fase “Bagi”. Pada fase ini, seluruh karya siap dibagikan di 40 titik lokasi di Jakarta melalui pameran, tur, perjamuan, pergelaran, konferensi, lokakarya, penerbitan, gelar wicara, instalasi, dan banyak lainnya untuk dapat disajikan dan dinikmati oleh publik.

Dalam menyambut antusiasme masyarakat, PKN 2023 disuguhkan melalui konsep “Ruang Tamu”. Layaknya rumah yang telah bersiap menerima kunjungan dan interaksi yang akan terjadi di ruang tamunya, konsep ini diharapkan bisa memantik percakapan, tidak hanya antarpelaku budaya tapi juga antarmasyarakat/pengunjung. Dengan demikian akan terbuka peluang kolaborasi dan aksi kolektif untuk memperpanjang semangat #IndonesiaMelumbung untuk Melambung #SinggahdiPKN2023.

“Ruang tamu PKN akan disebar di 40 titik di seluruh Jakarta dengan empat titik ruang tamu utama di Galeri Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, PT Produksi Film Negara (Persero), dan M Bloc Space. Lokasi tersebut diharapkan bisa jadi tempat berkumpul, berdiskusi, bercengkerama untuk jadi titik awal kolaborasi panjang dan berkelanjutan di masa depan,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid.

Adapun 40 titik tersebut nantinya tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Kepulauan Seribu. Seperti di Kemendikbudristek, Galeri Nasional, Museum Kebangkitan Nasional, MBloc, PFN, Taman Suropati, Kampung Kali Pasir, Kelurahan Paseban, Kelurahan Galur, Pintu 6 Gelora Bung Karno, Taman Ismail Marzuki, Rubanah, Bundaran HI, Stasiun BNI City, Stasiun Palmerah, Gudskul, Pasar Cipulir, Kel. Ulujami, Blok M Square, Ateliar Ceremai, BKT Duren Sawit, Kongsi 8, Sanggar Anak Akar, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 10, SMPN 195, Taman Mini Indonesia Indah, Kelurahan Penjaringan, Stasiun Tanjung Priok, Kampung Kranggan Bekasi, Grand Galaxy Park Bekasi, UIN Syarif Hidayatullah Tangerang, Stasiun Bogor, Taman Ekspresi Bogor, Alun-Alun Kota Bogor, dan Kelurahan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu.

Pekan Kebudayaan Nasional 2023

Seluruh rangkaian kegiatan yang disiapkan selama PKN 2023 datang dari delapan kuratorial yakni Temu Jalar, Jejaring Rimpang, Rantai Bunyi, Laku Hidup, Gerakan Kalcer, Berliterasi Alam dan Budaya, Sedekah Bumi Project, dan Pendidikan yang Berkebudayaan. Secara total terdapat 35 sub kegiatan dari turunan delapan besar tersebut.

Puncak acara, pada fase “Bagi”, akan diadakan pada 20-29 Oktober 2023 dengan serangkaian pameran dan acara publik seperti lokakarya, diskusi seniman, pasar ilmu, bazaar barter, dan Festival Layar Tancap. Lokus kegiatan puncak acara PKN sendiri akan berlangsung di 40 titik di Jakarta yang terdiri dari ruang-ruang publik dan ruang komunitas.

Seluruh rangkaian kegiatan akan terbuka untuk umum secara gratis sejak 20-29 Oktober 2023 pukul 10.00 – 21.00 WIB setiap harinya. PKN memberi ruang dan wadah untuk membuka pintu kesempatan kolaborasi bagi siapa saja, tidak terbatas pada medan seni dan kebudayaan, tapi juga pada banyak hal lain yang bersinggungan dengan dua aspek tersebut.

Semangat #IndonesiaMelumbung untuk Melambung diharapkan bisa terus bergulir terlepas dari selesainya rangkaian PKN 2023 serta bisa menjadi energi yang terus menginspirasi pegiat, pelaku serta seluruh masyarakat di seluruh Indonesia untuk terus berkolaborasi dan berkreasi. (rls)

No More Posts Available.

No more pages to load.