Meriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia, TBM Budi Euy Gelar Beragam Lomba Edukatif Selama 3 Bulan

by -41 Views
TBM Budi Euy
Budi Sabarudin dan anak-anak TBM Budi Euy dalam teatrikal pembacaan puisi berjudul 'Tentang Kemerdekaan Itu'. (credit: budi sabarudin/bantennow.com)

BANTENNOW.COM, BANDUNG — Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Budi Euy memperingati Hari Kemerdekaan RI tahun 2023 secara istimewa, yakni dengan menggelar berbagai lomba edukatif  selama tiga bulan sejak Bulan Mei lalu.

Sementara itu,  Puncak dari rangkaian Peringatan 17 Agustusan itu dilaksanakan di Ruang Baca TBM BUDI EUY, di  Jalan Dalang Amung, Kota Bandung  pada Rabu (16/7/2023) malam sekira pukul 20.00 hingga 21.00 WIB.

Dalam acara puncak itu, panitia membagikan puluhan hadiah kepada para juara  lomba dan penghargaan khusus. Selain itu ada pembacaan puisi, tausyiah renungan kemerdekaan doa bersama yang dipimpin ustad Supriyatna (upit) yang juga Ketua RW 06 kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik Bandung.

Kang Budi Sabarudin selaku Founder TBM BUDI EUY, menjelaskan salah satu dari berbagai lomba  tersebut adalah  lomba membaca buku paling banyak, sedangkan hadiahnya berupa buku tului, pensil, pulpen dan penghapus.

“Anak-anak yang biasa membaca buku di TBM Budi Euy itu, masing-masing kami beri buku catatan dan pulpennya. Mereka wajib menuliskan judul buku yang dibaca secara jujur. Kemudian dari catatannya itu kami ambil buku yang dibaca mereka. kami ajukan beberapa pertanyaan  untuk menguji buku yang sudah dibaca tersebut,” kata Budi yang juga penyintas stroke.

Ustad Upit mengatakan generasi muda harus mengisi kemerdekaan dengan belajar menggali ilmu sebanyak-banyaknya. “Kalau generasi muda tidak memiliki atau menguasai ilmu, maka akan menjadi manusia bodoh. Negara ini tidak bisa dikelola orang-orang bodoh,” katanya.

Ustad Upit menambahkan, kemerdekaan itu harus diisi dengan hal-hal positif. Contohnya generasi muda harus memanfaatkan waktunya dengan belajar dan belajar.

Setelah ustad Upit menyampaikan tausyiah tentang renungan kemerdekaan,  kemudian ditutup  dengan teatrikal pembacaan puisi oleh Budi Sabarudin, dengan judul puisinya “Tentang Kemerdekaan itu”. Dilanjutkan debgan doa bersama. (nyi)

Berikut Daftar Lomba dan Peraih Juaranya;

  • Lomba Membaca Nyaring /reading alod (alivia)
  • Lomba Menggambar Terbanyak dan nilai tertinggi (Regina)
  • Membaca Buku Terbanyak(Sifa Fitriani sebabyak 109 buku)
  • Membaca Alquran Terbanyak (Yumna hingga juzz 26)
  • Jumah kehadiran terbanyak (Regina)
  • Paling duluan datang ke Kelas Mengaji di TBM Budi Euy (Arfan)

Penghargaan

  • Paling kreatif di bidang perkusi (Krisna)
  • Paling kreatif di bidang pzntomim (shasha)
  • Penghargaan paling rajin beberesih TBM Budi Euy (Regina dan syifa)

No More Posts Available.

No more pages to load.