Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang: Gemar Ikan dan Gerbang Mapan Naik

oleh -108 Dilihat
oleh
Dinas Perikanan

TANGERANG — Dalam sebuah prestasi gemilang, Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang berhasil meningkatkan konsumsi ikan menjadi 40,68 kg/kapita/tahun melalui program “Gemar Ikan.” Kepala Dinas, Jainudin, mengungkapkan keberhasilan ini tak lepas dari upaya intensif dalam pengolahan dan pemasaran perikanan serta pembinaan kelompok pengolah perikanan.

“Program ‘Gemar Ikan’ bukan hanya meningkatkan konsumsi ikan, tetapi juga memberdayakan masyarakat nelayan melalui berbagai sarana prasarana. Kami telah menyediakan 268 unit sarana prasarana pengolahan dan pemasaran, termasuk 4 unit Kios Container, freezer, dan sarana lainnya, untuk 44 kelompok pengolah perikanan,” kata Jainudin.

Sektor produksi tangkap dan budidaya juga mencapai keberhasilan yang luar biasa dengan capaian 43.993,24 ton, melebihi target sebesar 101,63%. Program pelatihan organisasi dan sertifikasi kecakapan nelayan menjadi kunci sukses dalam mencapai prestasi ini.

“Komitmen kami terlihat dari pemberian sarana prasarana penangkapan ikan, seperti Jaring Rampus, Bubu Rajungan, Coolbox, Mesin Kapal Diesel, Fish Finder, hingga bahan bakar, yang kami salurkan untuk meningkatkan produktivitas nelayan,” tambahnya.

Bukan hanya itu, kontribusi dari Balai Benih Ikan (BBI) dengan pemberian 1.442.500 benih ikan turut mengukuhkan keberhasilan ini. Produksi perikanan budidaya bahkan melampaui target, mencapai 22.072,67 ton dengan produktivitas 5,4 ton/ha/tahun.

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang terus melibatkan pembudidaya dengan berbagai upaya pemberdayaan melalui pelatihan dan penyuluhan. Program “Gemar Ikan” menjadi fondasi untuk mengembangkan ekonomi kawasan pesisir melalui Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan). (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.