Bangun Tanggul Darurat di Tanjung Burung, Antisipatif BPBD Hadapi Potensi Banjir

by -47 Views
BPBD Kabupaten Tangerang
BPBD Kabupaten Tangerang bersama perwakilan BBWS C2 Dirjen SDA Kementerian PUPR dan perangkat daerah Kabupaten Tangerang menggelar rapat koordinasi, Jumat (29/12/2023).

BANTENNOW.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang akan mendirikan tanggul darurat sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, guna mengantisipasi potensi bencana banjir.

“Hari ini, kami bersama perwakilan BBWS C2 Dirjen SDA Kementerian PUPR dan perangkat daerah Kabupaten Tangerang menggelar rapat koordinasi, salah satunya membahas pembangunan tanggul darurat di Desa Tanjung Burung,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat, pada Jumat (29/12/2023).

Ujat melanjutkan bahwa pembahasan mengenai tanggul sementara ini menjadi sangat penting mengingat Desa Tanjung Burung sering kali menjadi korban banjir setiap tahun. Tanggul tersebut direncanakan akan dibangun sepanjang 1,5 kilometer dan akan terbuat dari tumpukan karung berisi pasir.

“Berdasarkan informasi dari BMKG, puncak musim hujan tahun 2024 diperkirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024 di sebagian besar wilayah Indonesia. Dengan adanya tanggul sementara ini, diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir ketika hujan turun,” terangnya.

Ujat menambahkan bahwa BPBD Kabupaten Tangerang telah menyiapkan logistik bencana untuk daerah yang mungkin terdampak, meliputi logistik pangan, perlengkapan keluarga, perlengkapan bayi, dan shelter kit (selimut, bantal, dan tenda terpal).

“Semua ini merupakan kebutuhan dasar bagi korban bencana. Oleh karena itu, jika bencana terjadi, kami siap memberikan dukungan. Semua Aparatur Kabupaten Tangerang juga akan berusaha untuk membantu masyarakat, dengan memberikan pelayanan terbaik kepada mereka,” ungkapnya. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.