Tingkatkan Kualitas Statistik Sektoral, Pemkot Tangerang Raih Anindhita Wistara Data dari BPS

by -54 Views
Penghargaan Anindhita Wistara Data 2023
Pemkot Tangerang bangga meraih penghargaan Anindhita Wistara Data dari BPS, mendorong komitmen mereka untuk terus meningkatkan kualitas statistik sektoral, Senin (4/12/2023).

BANTENNOW.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berhasil meraih penghargaan Anindhita Wistara Data dalam penyelenggaraan statistik sektoral tahun 2023, dengan predikat baik dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Diseminasi Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap I.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menyatakan apresiasi atas penghargaan yang diterima dari BPS di Hotel Ritz Carlton Jakarta pada Senin (4/12/2023).

Menurutnya, penghargaan ini menjadi dorongan bagi Pemkot Tangerang untuk lebih meningkatkan dan mengoptimalkan pendataan di masyarakat.

“Pemkot saat ini juga tengah mengintegrasikan data riil di masyarakat ke dalam portal tunggal, ‘Tangerang Satu Data’, sehingga nantinya data yang ada akan menjadi lebih faktual dan mudah diakses,” ungkap Arief.

Decky Priambodo, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang, secara rinci menjelaskan bahwa Evaluasi Penyelenggara Statistik Sosial (EPPS) dilakukan pada dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Dinas Kesehatan dan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD).

“Dalam Dinkes, evaluasi dilakukan terhadap kegiatan pelaksanaan surveilans gizi, sementara BPKD dievaluasi dalam kegiatan pendataan lapangan terhadap calon wajib pajak baru dan wajib pajak yang tutup,” jelas Decky.

Lebih lanjut, Decky menjelaskan bahwa penilaian EPPS mencakup lima domain, termasuk prinsip satu data Indonesia, kualitas data, proses bisnis statistik, kelembagaan, dan statistik nasional.

“Dari kelima domain yang dievaluasi, perhatian khusus diberikan pada proses bisnis statistik, kelembagaan, dan statistik nasional untuk ditingkatkan,” tutup Kepala Bappeda. (tw)

No More Posts Available.

No more pages to load.