Seniman Mural Internasional Siap Percantik Tembok di Sepanjang Jalan Raya Legok

by -43 Views
Jalan Raya Legok
Tembok-tembok Jalan Raya Legok akan segera mengalami perubahan menakjubkan. (credit: humas pemkab tangerang)

BANTENNOW.COM, TANGERANG — Tembok-tembok kumuh yang menghiasi sepanjang Jalan Raya Legok akan segera mengalami perubahan menakjubkan. Dengan kolaborasi lintas negara, empat seniman mural dan grafiti yang berasal dari Malaysia, Thailand, Filipina, dan Korea Selatan telah mengonfirmasi keterlibatan mereka dalam upaya mempercantik tembok-tembok ini pada bulan September mendatang.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengumumkan perkembangan ini dalam sebuah audensi dengan panitia The Epicentrum Art Festival di Pendopo Bupati pada Jumat (25/08/23).

“Empat dari lima artis mural dan grafiti dari Malaysia, Thailand, Filipina dan Korsel sudah menyatakan akan datang ke Legok untuk melukis di dinding di sepanjang jalan Raya Legok. Kami masih menunggu kepastian kehadiran satu artis dari Ukraina,” kata Bupati Zaki.

Lebih lanjut, Bupati Zaki menjelaskan bahwa tujuan dari proyek ini bukan hanya rehabilitasi fisik Jalan Raya Legok yang rusak, tetapi juga untuk memperindahnya dengan karya seni mural dan grafiti di dinding-dinding sepanjang jalur tersebut.

“Selain rehabilitasi jalan, nanti akan dilanjutkan dengan pembangunan padestrian. Lalu, tembok sisi kanan dan kiri jalan, akan dipercantik oleh para seniman mural dan grafiti. Nantinya, jalan raya Legok akan menjadi lebih indah dengan gambar dan lukisan mural dan grafiti,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Festival The Epicentrum Art Festival, Mukahfi Solihin, mengungkapkan bahwa festival mural ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 10 September mendatang. Saat ini, persiapan festival telah mencapai 80 persen.

“Sebanyak 25 seniman lokal dari Tangerang akan berpartisipasi, dan secara keseluruhan, sekitar 100 seniman mural dan grafiti dari daerah-daerah seperti Kalimantan, Papua, Ambon, Bukit Tinggi, dan Jambi telah mengonfirmasi bakal hadir. Mereka akan menciptakan karya di tembok-tembok sepanjang Jalan Raya Legok,” jelas Mukahfi Solihin.

Dengan inisiatif ini, Jalan Raya Legok tidak hanya akan menjadi sebuah jalan biasa, melainkan akan menjadi sebuah galeri seni publik yang memukau, di mana seni dan kreativitas merajut kembali jejak-jejak masa lalu menjadi masa depan yang berwarna dan penuh inspirasi. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.