Perumdam TKR Meraih Juara 1 BUMD Award Kemendagri RI

by -48 Views
BUMD Awards

BANTENNOW.COM, JAKARTA — Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang berhasil meraih predikat juara pertama pada kategori Perumdam Terbaik untuk kategori perusahaan besar pada ajang BUMD Awards yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Jumat, 29 September 2023.

Penghargaan tersebut diterima Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri DR. Agus Fatoni yang mewakili Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Perumdam TKR berhasil meraih prestasi tersebut setelah mengikuti serangkaian penilaian tim yang diketuai Inspektur Jenderal Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir dengan anggota Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan, Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB, Deputi Bidang Akuntansi Negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Direktur Eksekutif Kemitraan, Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, CEO Kompas Media, Direktur Utama PT Tempo, dan Direktur Utama dan Pemimpin Redaksi PT CNN Indonesia.

Tahapan dan proses penilaian sudah dilakukan sejak awal tahun 2023, mulai dari penilaian di tingkat provinsi, masukan dari asosiasi, kemudian terpilih lima BUMD untuk masing-masing kategori.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri DR. Agus Fatoni mengatakan, tujuan diselenggarakannya BUMD Awards yang pertama kali oleh Kemendagri ini dalam rangka memberikan penilaian terhadap 1.056 BUMD di Indonesia berupa tata kelola, menciptakan iklim yang kompetitif antar BUMD, memberikan motivasi kepada pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan kepada BUMD.

“Juga dalam rangka meningkatkan sinergi antar BUMD, Asosiasi BUMD, dan mendorong pemerintah daerah dan BUMD untuk melakukan inovasi dalam melakukan kinerja serta pelayanan publik,” ujar Agus, dalam sambutannya.
Sementara aspek yang dinilai yaitu Program yang bermanfaat bagi masyarakat, Kinerja yang dibuktikan dengan laporan keuangan, tata kelola perusahaan yang baik, kepuasan pelanggan, inovasi dan sinergitas.

Dari lima aspek penilaian tersebut, Perumdam TKR Kabupaten Tangerang akhirnya terpilih sebagai Perumdam Terbaik se-Indonesia Kategori Besar melampaui DKI Jakarta (Perumda Air Minum Jaya) yang meraih posisi kedua, dan Mataram, Nusa Tenggara Barat (PT Air Minum Giri Menang) diposisi ketiga.

BUMD Awards

Atas prestasi yang membanggakan tersebut, Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, seluruh jajaran di Perumdam TKR, serta masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Penghargaan ini bukan tujuan, melainkan bonus yang diraih atas kerja keras yang dilakukan seluruh jajaran Perumdam TKR dalam upaya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, direksi dan staf Perumdam TKR, terlebih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sofyan, penghargaan itu juga sekaligus menjadi pemacu motivasi bagi seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja, inovasi, serta dedikasi untuk menghadirkan pelayanan air bersih yang lebih prima.

“Komitmen kami adalah menghadirkan pelayanan air bersih yang optimal serta terpenuhinya kepuasaan pelanggan. Tentunya kedua hal ini menjadi motivasi yang terus mendorong kami untuk terus bekerja keras, kerja cerdas, di tengah berbagai tantangan pelayanan air bersih. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan demi terpenuhinya kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Pada kesempatan berbeda Penjabat Bupati Tangerang DR. Andi Ony Prihartono mengapresiasi luar biasa atas penghargaan yang diraih Perumdam TKR yang selama ini melayani masyarakat dalam pemenuhan air bersih di Kabupaten Tangerang.

“Pelayanan air bersih merupakan layanan dasar yang harus terpenuhi bagi masyarakat, untuk itu kami mengapresiasi Perumdam TKR agar terus meningkatkan kualitas layanan optimal,” terang Andi di ruang kerjanya.

Turut hadir dalam penganugerahan penghargaan itu Direktur Umum Perumdam TKR Sani Tora Wicaksono, Direktur Teknik Perumdam TKR Yadi Treviadi, Dewan Pengawas Perumdam TKR Ahmad Tunji Mustofa dan Jupri Faisal Amir. (sdr/wis)

No More Posts Available.

No more pages to load.