Percepatan Pembangunan Sarana Kapal Neon Moon II, Pemkab Tangerang Siapkan Infrastruktur Pendukung dan Latih Petugas

by -62 Views
Kapal Neon Moon II

BANTENNOW.COM — Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi, mempercepat pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung operasional kapal Neon Moon II. Kapal ini, yang merupakan sumbangan dari band asal Inggris, Coldplay, dijadwalkan akan beroperasi pada Januari 2024.

Fachrul Rozi menyatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang sedang percepat pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya, serta berencana membangun dermaga hanggar sebagai tempat pemilahan dan pengolahan sampah, kantor sekretariat, dan pos satpam.

“Kami sedang percepat pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya, juga melatih petugas untuk pengoperasian kapal,” kata Fachrul saat dikonfirmasi, Sabtu (2/11/2023).

Selain itu, fasilitas pendukung seperti alat berat dan perahu boat juga disiapkan untuk mendukung operasional Neon Moon II. Lebih lanjut, 12 orang akan menjalani pelatihan khusus untuk mengelola dan merawat kapal yang mampu mengangkut enam ton sampah plastik.

Fachrul menjelaskan bahwa kapal ini akan mengangkut sampah dari Sungai Cisadane ke tempat penampungan sampah untuk diolah kembali. Sampah organik akan dipisahkan dan diolah menggunakan maggot setelah dicacah.

“Sampah organik akan dipisahkan dan diolah menggunakan maggot setelah dicacah. Proses ini akan menghasilkan kompos dan maggot yang dapat digunakan sebagai pakan ikan. Sedangkan untuk sampah anorganik, akan dilakukan pemisahan,” ujarnya.

Selanjutnya, sampah yang memiliki nilai akan dijual untuk mendukung operasional, sementara sampah dengan nilai rendah akan diolah menjadi barang bermanfaat. Sebelumnya, The Ocean Cleanup dan Coldplay menyumbangkan Kapal Neon Moon II untuk membersihkan sampah plastik di Sungai Cisadane, Kabupaten Tangerang.

“Saat ini sedang memberikan training kepada 12 orang untuk dapat mengoperasikan kapal penyedot sampah Neon Moon II dan Januari 2024 diharapkan kami operasikan secara menyeluruh,” tutupnya. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.