Produk Makanan IKM Kabupaten Tangerang Merambah Pasar Taiwan

by -52 Views
Industri Kecil Menengah
Disperindag Kabupaten Tangerang dan Universitas Muhammadiyah Tangerang berpadu tenaga untuk melepas ribuan produk makanan unggulan dari IKM Kabupaten Tangerang ke Taiwan. (credit: humas pemkab tangerang)

BANTENNOW.COM, TANGERANG — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang, berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) melepas ribuan produk makanan Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Tangerang ke Taiwan di Aula Universitas Muhammadiyah Tangerang, Senin (28/08/2023).

Kepala Disperindag Kabupaten Tangerang, Resmiyati Marningsih, menyampaikan betapa kolaborasi ini mampu mengawal pembangunan ekonomi nasional. Mengusung semangat kerjasama antara Pemerintah Daerah dan institusi pendidikan tinggi yanitu Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Dalam kesempatan tersebut, Resmiyati Marningsih mengatakan bahwa puluhan produk makanan dari IKM Kabupaten Tangerang dilepas ke pasar internasional. Tidak tanggung-tanggung, dua merek yang berpartisipasi adalah Ubaey, pelopor ekspor dengan keripik tempe unggul sebanyak 1.050 buah, serta Husna Food yang merilis produk ikoniknya: seblak instan sebanyak 500 buah dan bakso aci instan sebanyak 1.500 buah.

“Allhamdulillah pada hari ini kami melepas ribuan produk makanan milik IKM Kabupaten Tangerang ke Taiwan. Hari ini kami melepas dua brand yakni Ubaey mengekspor keripik tempe sebanyak 1.050 pieces, dan Husna Food yang mengekpor seblak instan sebanyak 500 pieces juga bakso aci instan sebanyak 1.500 pieces,” ujarnya.

Keberhasilan ini menjadi puncak kebanggaan Disperindag Kabupaten Tangerang dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), sebab pencapaian ini menandai prestasi pertama bagi dua merek dari Kabupaten Tangerang yang menggebrak pasar Taiwan.

Di tengah dukungan yang diberikan oleh Disperindag Kabupaten Tangerang dalam bentuk pelatihan dan pembinaan, potensi IKM berorientasi ekspor di Kabupaten Tangerang kini semakin tumbuh pesat.

“Disperindag Kabupaten Tangerang juga telah memberikan dukungan dengan pelatihan dan pembinaan melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Maka dari itu, Pemkab Tangerang akan terus mendukung IKM yang ada agar dapat memasarkan produknya di pasar global,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang, Ahmad Amarullah, sosok di balik kepemimpinan Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang, tak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, terutama Pemerintah Kabupaten Tangerang, yang telah memberikan kepercayaan kepada UMT dalam meningkatkan daya saing produk lokal.

Ia berharap, sinergi antara UMT dan Pemerintah Kabupaten Tangerang akan terus mengalir, mendorong laju produk lokal agar semakin kuat beradu di panggung internasional.

“Ini merupakan sebuah kolaborasi yang luar biasa. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut karena ini merupakan sebuah peningkatan dari UMKM menjadi IKM yang naik kelas karena sudah melakukan ekspor, tentunya kami sangat berharap ini terus berlanjut baik dari sisi jumlah dan juga varian,” ucapnya. (bud)

No More Posts Available.

No more pages to load.