Kabupaten Tangerang Wakili Provinsi dalam Ajang Lomba Proklim Lestari

by -90 Views
Lomba Proklim Lestari
(credit: humas pemkab tangerang)

BANTENNOW.COM, TIGARAKSA — Kecamatan Tigaraksa, mewakili Provinsi Banten dengan bangga mengikuti Lomba Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dalam persaingan ini, gugus wilayah RW 05 Desa Pete, yang terletak di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, berusaha tampil sebagai yang terbaik.

Tahap verifikasi yang berlangsung pada Jumat, (04/08/2023), menjadi momen krusial bagi RW 05 Desa Pete. Tim dari KLHK memeriksa sejauh mana masyarakat mampu beradaptasi dan memitigasi perubahan iklim melalui perubahan gaya hidup guna mengurangi gas rumah kaca dan menurunkan suhu bumi hingga 2 derajat.

Tidak hanya itu, program-program inovatif seperti pengadaan bank sampah dan pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) juga menjadi penilaian utama.

Ketua Forum Bank Sampah Kabupaten Tangerang, Susiyanti mengungkapkan, menariknya, Bank Sampah Asyifa Berkah yang berada di RW 05 Desa Pete telah menjadi sorotan utama. Bank sampah ini telah mendapatkan pembinaan sejak tahun 2012 dan sukses meraih predikat Proklim Utama pada tahun 2018.

Berdiri sejak tahun 2015, Bank Sampah Asyifa Berkah berhasil menjadi salah satu dari 14 bank sampah yang beroperasi dan terpilih sebagai titik penilaian untuk predikat Proklim Lestari.

“Untuk bank sampah yang ada di RW 05 Desa Pete ini berdiri sejak 2015 dan sebelumnya diberikan pembinaan dari tahun 2012, sampai saat ini sudah ada 14 bank sampah yang telah beroperasi dan berhasil terpilih menjadi titik penilaian untuk mendapatkan predikat Proklim Lestari,” ungkapnya

Lomba Proklim bukan hanya sekadar ajang kompetisi belaka, melainkan sebuah panggilan bagi seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Achmad Taufik, menekankan bahwa partisipasi masyarakat dalam membangun lingkungan yang bersih dan nyaman akan didukung penuh oleh pemerintah melalui pembinaan dan sosialisasi.

“Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat maka Pemerintah memberikan kesempatan untuk masyarakat dalam membangun lingkungan sekitar agar terasa nyaman terutama kebersihan lingkungan, maka selanjutnya pemerintah yang akan memfasilitasi berupa pembinaan dan sosialisasi,” ujarnya

Harapannya, semangat dan usaha masyarakat RW 05 Desa Pete dapat menular ke berbagai desa di Kabupaten Tangerang, sehingga kesadaran akan kebersihan lingkungan semakin tersebar luas.

Dengan begitu, wilayah ini akan menjadi contoh nyata tentang bagaimana kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah dapat menghadapi perubahan iklim dan menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

“Saya berharap masyarakat bisa bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan asri sehingga mereka semua bisa nyaman untuk tinggal disini dan dampak positifnya mereka akan terus sehat jika selalu menjaga kebersihan,” harapnya.

Lomba Proklim adalah langkah konkrit dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, dan partisipasi aktif dari setiap elemen masyarakat adalah kunci untuk mencapai tujuan bersama menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Sebagai informasi perlombaan tersebut telah memasuki tahap kedua yang dimana terdapat 5 Provinsi yang terpilih salah satunya yaitu Provinsi Banten yang diwakili oleh Rw 05 Desa Pete. Untuk tahapan Proklim yaitu Tahapan Proklim Pratama, Proklim Madya, Proklim Utama dan Proklim Lestari. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.