Gempa Bumi 5.9 SR Guncang Lebak-Banten, Situasi Stabil Tanpa Dampak Signifikan

oleh -117 Dilihat
oleh
Tangkapan layar google map.

BANTENNOW.COM — Gempa bumi dengan kekuatan 5.9 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Lebak-Banten bagian selatan pada Selasa, 03 Januari 2024, pukul 07:53:49 WIB. Pusat gempa terdeteksi berada sekitar 112 km BaratDaya Lebak-Banten, dengan informasi terkini diposting 8 jam yang lalu.

Gempa tersebut dipicu oleh aktivitas tektonik di laut dengan kedalaman 72 km Barat Daya Bayah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami setelah direview oleh seismolog.

Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) mencakup wilayah provinsi Jawa Barat dengan tingkat getaran bervariasi. Daerah yang merasakan getaran antara lain Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Lembang, Cianjur, Soreang, Cibabat, Cimahi, dan Bogor.

Hingga saat ini, dampak gempa pada wilayah Kabupaten Lebak dilaporkan nihil. Hasil monitoring BMKG menyatakan tidak ada kerusakan bangunan, korban jiwa, luka berat, atau luka ringan yang dilaporkan. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tetap diam di rumah, namun tetap siaga.

Rekomendasi BMKG kepada masyarakat termasuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Himbauan juga diberikan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, disarankan untuk memeriksa kestabilan bangunan tempat tinggal sebelum kembali ke dalam rumah.

Arahan dari BMKG menekankan kehati-hatian terhadap potensi gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Pihak berwenang dan tim penanggulangan bencana telah diaktifkan untuk memantau situasi dan memberikan bantuan jika diperlukan.

Kami akan terus memberikan pembaruan seiring berjalannya waktu. Tetaplah terhubung untuk informasi lebih lanjut mengenai perkembangan situasi ini. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.