Bekali Organisasi Kemasyarakatan, Bakesbangpol Kabupaten Tangerang Gelar Bimtek Peluang Usaha

oleh -138 Dilihat
oleh
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tangerang

BANTENNOW.COM — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tangerang aktif melibatkan diri dalam upaya peningkatan kapasitas organisasi kemasyarakatan (Ormas). Pada Senin (18/12/2023), Bakesbangpol menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan fokus pada Peningkatan Manajemen Ormas, yang dihadiri oleh 159 peserta dari 53 Ormas berbeda.

Kegiatan ini bertujuan utama untuk meningkatkan pengetahuan Ormas terkait peluang usaha. Sebagai mitra pemerintah, Ormas memiliki peran strategis dalam pembangunan negara. Mewakili Kepala Bakesbangpol, Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Tangerang, Encep Muhayat, menegaskan pentingnya Ormas sebagai organisasi yang dibentuk secara sukarela oleh warga negara Republik Indonesia.

“Ormas dibentuk atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama, dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk berperan dalam pembangunan negara,” ucap Encep Muhayat. Ia juga menyoroti peran Ormas sebagai mitra pemerintah dan fasilitator masyarakat, menjelaskan bahwa Ormas harus menjaga profesionalisme untuk dapat dirasakan oleh segenap lapisan masyarakat.

Dalam konteks ini, Bakesbangpol memilih Tema “Peluang Usaha Bagi Kemandirian Ormas” sebagai landasan kegiatan. Encep Muhayat menjelaskan bahwa Bakesbangpol ingin membuka wawasan Ormas terkait peluang-peluang usaha sebagai bagian dari tugasnya dalam melakukan fasilitasi dan pemberdayaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan menjaga keberlangsungan Ormas yang sehat, mandiri, akuntabel, dan profesional.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan pada Bakesbangpol Kabupaten Tangerang, Sapta Laelany, menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kemandirian Ormas dan membuka wawasan terkait peluang usaha, tetapi juga untuk meningkatkan pengetahuan Ormas tentang cara melakukan tertib administrasi.

Kegiatan ini melibatkan beberapa narasumber ahli, termasuk Suryati sebagai Pegiat UMKM Kabupaten Tangerang, Andini sebagai Praktisi Pemberdayaan Masyarakat, Eris Andriansyah dari Kanwilkumham Provinsi Banten, dan Fahmi selaku Vendor dari Database Ormas.

Sapta Laelany berharap, “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menjadi suatu kesempatan yang baik dalam memperluas peluang pengetahuan bagi kemajuan Ormas yang ada di Kabupaten Tangerang.” Dengan demikian, Bakesbangpol memberikan kontribusi positif untuk mengembangkan kemandirian dan efektivitas Ormas di wilayah tersebut. (sdr)

No More Posts Available.

No more pages to load.