Moralitas dalam Bernegara di Era Modernisasi

by -193 views
Hasbi Ashidiqi

Oleh : Hasbi Ashidiqi

Era modernisasi merupakan era yang penting untuk dalam menentukan perkembangan zaman dalam suatu negara. tak lebih dari perkembangan zaman harus di bekali pula dengan generasi yang mutu, akan tetapi kini era modernisasi kian menjadi krisis moral.

Menurut Chaplin (2006), Moral yang sesuai dengan aturan yang mengatur hukum sosial atau adat atau perilaku.
Menurut Hurlock (1990), Moral adalah sopan santun, kebiasaan, adat istiadat dan aturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.

Menurut Wantah (2005), Moral adalah sesuatu yang harus dilakukan atau tidak ada hubungannya dengan kemampuan untuk menentukan siapa yang benar dan perilaku yang baik dan buruk.

Zona krisis moralitas sebanding dengan krisis informasi, ini dikarenakan tidak adanya filterisasi dalam informasi yang berkembang.

Digitalisasi begitu nikmat dikonsumsi oleh publik, linear dengan Era modern dan global saat ini yang begitu masif masuk ke kalangan masyarakat.

Mindset sudah tidak lagi digunakan dengan akal sehat, sehingga mengakibatkan pola perilaku yang buruk di kalangan masyarakat. Secara tidak sadar sudah masuk keruang krisis moralitas.

Generasi muda atau remaja adalah sasaran utama, mereka yang sedang mengalami masa transisi menuju era digital dalam bangsa ini adalah para generasi muda yang harus dapat perhatian lebih dari orang dewasa, karena merekalah yang akan meneruskan dan komitmen dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan bangsa ini.

Kondisi saat ini sangat prihatin teknologi sebagai bahan empuk untuk di jadikan panggung kebenaran, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan sangat pesat dalam menguasai elemen kehidupan manusia, menjadikan salah kapan dalam menggunakan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.