Waspada, DBD Mulai Menyerang Kota Tangerang

by -28 views

Waspada, penyakit Demam Berdarah Dongue (DBD) mulai menghantui warga Kota Tangerang. Selain, Covid-19, penyakit DBD juga harus diwaspadai.

Pasalnya, DBD telah menyerang, Chika Nazwa Akila, yang tidak lain anak dari anggota DPRD Provinsi Banten, Jazuli Abdillah. Chika, nampak terbaring lemah di RS Bakti Asih, Ciledug, Kota Tangerang..

“Anak saya dirawat sejak kemarin, (Minggu, red),” kata Jazuli kepada sejumlah wartawan yang menjenguk anaknya, di Ruang Bougenvile RS Bakti Asih, Senin, (9/3/20) malam.

Menurut Jazuli, anaknya sempat mengalami pusing-pusing dan badannya lemas di sekolahnya pada, Jumat (6/3/20). Dan hari itu juga langsung dibawa ke klinik terdekat.

“Karena tidak ada perubahan, saya bawa kembali ke klinik itu. Lalu dites darah dan katanya tipes. Tapi tidak dirawat dan diberi obat saja. Namun tidak ada perubahan juga,” ungkapnya.

Jazuli kemudian membawa anaknya ke RS Bakti Asih dan dites darah, Minggu (8/3) dan hasilnya adalah DBD. Sejak itu siswi kelas 3 SD Cikal Cendikia Pinang tersebut dirawat di rumah sakit.

“Bintik-bintik merah di tubuh anak saya tidak ada. Tapi dokter sudah mengatakan DBD dan harus banyak minum,” akunya.

Ditanya mengapa anaknya bisa kena DBD, Jazuli mengatakan itu bisa saja karena faktor lingkungan. Karena itu, gerakan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan harus terus dioptimalkan.

“Gerakan kebersihan lingkungan jangan spontan, namun harus menjadi gerakan terencana dari mulai RT, RW. Selain itu juga lingkungan harus di-fogging harus digalakkan. Dan nampakanya, disini (Bakti Asih,red) ada beberapa anak yang DBD juga,,” jelasnya.

Saat disinggung, di Kota Tangerang sudah ada gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menurut mantan aktivis ini menyatakan, bisa saja, baru sebatas parsial saja, belum menyebar ke masyarakat.

“Pola hidup bersih dan sehat itu memang sudah jalan. Tinggal kita optimalkan. Dan harus dilakukan bersama-sama dengan semua pihak,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *