TRUTH Heran Ada Dua SK Kuota PPDB Tangsel

by -161 views

TANGSEL, (BN) – Dua lampiran Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) tentang kuota daya tampung sekolah pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jenjang SMP beredar. Anehnya terdapat sejumlah kejanggalan pada surat tersebut.

Pengamat kebijakan publik dari Tangerang Transparency Public Watch (TRUTH) Suhendar menyatakan, kejanggalan SK yang ditandatangani oleh Kepala Dindikbud Tangsel Taryono terdapat pada perubahan isi lampiran. Dimana kuota jumlah peserta didik masing-masing SMP Negeri berbeda.

“Berkaitan dengan SK kepala dinas ini saya kira memang ada banyak yang janggal pertama pada hari yang sama mengeluarkan SK yang kemudian diubah hari itu juga, sehingga menunjukkan ketidak hati hatian dan ketidak cermatan bagian-bagian asas hukum dalam pemerintahan yang baik,” ungkapnya, kemarin.

Lebih lanjut, pada SK bernomor 421/1214-Disdikbud/2019 Tentang Kuota/Daya Tampung PPDB jenjang SMP 2019 mengatur jumlah penerimaan peserta didik dengan total sebanyak yakni 6812 pada 22 SMP se Kota Tangsel. Namun, prakteknya dari informasi yang didapat,beredar SK yang jumlah kuotanya lebih sedikit yakni berjumlah 6738, yang tertera pada website sejumlah sekolah.

“Setiap keputusan yang sudah dibuat itu mengikat yang ketika ada berubah maka perubahannya itu juga harus disertai dengan perubahan secara keseluruhan, jadi ga bisa secara parsial. Yang jelas mall administrasi ini kan sudah menunjukkan adanya indikasi kearah korupsinya,” tukas Dosen Hukum Pidana di Universitas Pamulang, ini.

Coba dimintai tanggapan, mulai Kepala Disdikbud hingga jajaran staff bidang SMP Disdikbud Kota Tangsel, dan para Kepala Sekolah SMP Negeri se Kota Tangsel, belum dapat memberikan penjelasan, mengenai hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.