Tantangan Wisudawan Hadapi Dunia Kerja di Era New Normal

by -83 views
Dr. Jubaedah, SE., MM, Wakil Dekan 3
Dr. Jubaedah, SE., MM, Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, FEB UPN.

BANTENNOW.COM, JAKARTA — Perguruan Tinggi sebagai lembaga dituntut mempersiapkan lulusannya yang adaptif terhadap berbagai perubahan yang terjadi. Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahaan tatanan kebiasaan baru pada hampir semua aspek kehidupan.

Hal ini menjadi tantangan yang besar bagi Perguruan Tinggi untuk menyiapkan lulusannya memiliki kompetensi, baik hardskill maupun softskill agar bisa berkompetisi baik ditingkat nasional maupun internasional.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN Veteran Jakarta, Dr. Jubaedah, SE., MM, mengatakan, generasi muda saat ini akan menghadapi tantangan yang lebih berat untuk mendapatkan pekerjaan di masa pandemi Covid-19 masih terjadi, dimana setiap orang harus melakukan adaptasi kebiasaan baru (New Normal).

“Selain dengan pencari kerja pemula lainnya, mereka juga akan berkompetisi dengan para pekerja terdampak pandemi yang juga tengah mencari pekerjaan baru,” ujar Jubaedah, dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Ia menuturkan, pihaknya akan mendorong para lulusan FEB UPN Veteran Jakarta, agar dapat memiliki kemampuan yang lebih mumpuni dalam berkompetisi di pasar kerja atau menjadi wirausaha, untuk memperoleh pekerjaan yang layak, serta dapat membangun karir dalam sebuah perusahaan atau memiliki usaha yang dapat bertahan di era new normal.

Lebih lanjut Jubaedah menjelaskan, salah satu cara yang dilakukan dengan menggelar seminar online dengan tema Subtainable Human Capital Development in New Normal Era yang akan diikuti oleh para mahasiswa, dosen, praktisi maupun masyarakat umum.

Seninar yang akan diselenggarakan Kamis 12 Agustus 2021 ini, akan menghadirkan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebagai Keynote Speaker. Serta narasumber Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, Guru Besar FEB Universitas Indonesia, Agus Dwi Handaya, Direktur Kepatuhan dan SDM PT Bank Mandiri.

Seminar ini adalah salah satu upaya untuk mempersiapkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan perubahaan yang terjadi, FEB UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan seminar nasional dan call for papers BIEMA, rutin dilaksanakan setiap tahun dimana tahun ini merupakan tahun ke 4 dilaksanakan.

Dengan harapan, seminar nasional dan call for papers BIEMA 4 ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan semua peserta. Melalui program ini, peserta diajak untuk mengeksplorasi beragam keterampilan penting yang dibutuhkan dunia industri dan sukses menjadi wirausaha. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.