Sungai Ciberang Rendam Empat Kecamatan di Lebak, Dandim Terjun Evakuasi Warga

by -72 views

LEBAK, (BN) – Usai didera hujan selama tiga hari berturut, Rabu (1/1/2020), Sungai Ciberang, Kabupaten Lebak, meluap.

Debit air Sungai yang meningkat, sekira pukul 06.00 WIB, meluap ke permukiman warga di sekitar Kecamatan Sajira, Kecamatan Cipanas, Kecamatan Lebak Gedong, dan Kecamatan Curugbitung.

Dari data yang dihimpun Kodim 0603/Lebak, adapun dampak yang ditimbulkan diantaranya, sebanyak 50 KK terendam di Kampung Nunggul, Desa Haurgajrug, Kecamatan Cipanas, 17 rumah hanyut di Kampung Sampalen 3, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipanas, 3 unit kendaraan roda empat jenis pickup dan 2 unit roda dua terbawa arus di wilayah Kampung Talaga Hiang, Desa Talaga Hiang, Kecamatan Cipanas, serta mengakibatkan putusnya akses jalan (jembatan) yang menghubungkan Kampung Lurah menuju ke Desa Cipayung.

Sementara di Kampung Sajira Timur, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira yang terdampak banjir diperkirakan sekitar 35 rumah terendam, 10 rumah rusak berat, 20 rumah rusak ringan, 5 rumah hanyut, dan 1 Musholla rusak berat.

“Jembatan utama penghubung antara jalan utama Sajira, Kecamatan Sajira menuju Kampung Somang terputus,” ungkap Dandim 0603/Lebak DPP Letkol Kav Yudha Setiawan.

Selain itu, lanjutnya, di Kampung Sawah, Desa Sindang Sari, jumlah rumah terdampak yaitu, 5 rumah diantaranya 1 rumah rusak berat, 3 rumah rusak ringan, dan 1 penggilingan padi rusak berat.

“Untuk korban jiwa nihil,” pungkasnya.

Adapun untuk kondisi banjir sampai dengan siang tadi, sambungnya, ketinggian air mencapai sekitar 2 meter.

Dirinya bersama Dodiklatpur Rindam III/Slw DPP Letda Inf Ade Ramdani, dibantu BPBD Kabupaten Lebak beserta aparat setempat, mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi.

“Hingga Pukul 12.00 WIB, curah hujan masih cukup deras, namun debit air yang menggenangi perkampungan berangsur menurun. Saat ini, masih dilakukan pendataan dampak dari banjir bandang tersebut,” jelasnya.

Dari hasil laporan anggota Kodim 0603/Lebak, putusnya jembatan yang menghubungkan Sajira dengan Kampung Somang berpotensi akan menghambat proses evakuasi dan pengiriman logistik bantuan. (bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.