Sejumlah Ulama Banten Akan Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

by -126 views

PANDEGLANG, (BN) – Sejarawan Banten Mufti Ali Ph.D menyatakan, optimis bahwa salah satu pendiri Mathla’ul Anwar yakni KH Mas Abdurrahman bin Mas Jamal Al-Janakawi akan meraih penghargaan sebagai Pahlawan Nasional.

“Saya optimis KH Mas Abdurrahman akan mendapatkan penghargaan sebagai Pahlawan Nasional. Sekarang tinggal soal-soal teknis administratif saja yang harus dipenuhi sesuai ketentuan Undang-undang tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan,” sebutnya, melalui rilis yang diterima bantennow.com, Jum’at (29/11/2019).

Hal tersebut diungkapkannya usai menjadi salah satu narasumber pada kegiatan seminar usulan Pahlawan Nasional bagi KH Mas Abdurrahman yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Pandeglang.

Adapun narasumber lainnya dalam kegiatan tersebut diantaranya, Ketua Majelis Amanah Mathla’ul Anwar KH Irsyad Djuwaeli, Peneliti pada Badan Litbang Kementerian Agama Dr Huriyudin Humaedi, Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ya’mal Tangerang Maddais, dan Kasubdit Gelar Kepahlawanan Nasional Kemensos RI Afni.

Menurut Mufti Ali, keoptimisan dirinya bahwa KH Mas Abdurrahman layak menjadi Pahlawan Nasional didasarkan pada alasan bahwa salah satu pendiri Mathla’ul Anwar itu setidaknya telah menulis delapan buku ke-Islaman yang kini diajarkan di Mathla’ul Anwar dan di banyak pesantren di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *