Sabajo, Makanan Khas Kabupaten Tangerang yang Nikmat dan Bergizi

by -25 views
sate bandeng sabajo

BANTENNOW.COM, SUKADIRI —Jika Anda mampir ke Kabupaten Tangerang, Banten, tak lengkap kalau belum mencicipi kelezatan makanan khas. Tidak hanya objek wisatanya saja yang lengkap di wilayah ini, makanannya pun perlu dicoba dan bisa menjadi oleh-oleh.

Salah satu yang istimewa, yakni produk kuliner sate bandeng jati dan kronjo (sabajo). Lokasinya ada di Jl. Raya Mauk KM 16 Pasar Jati, Desa Buaranjati, RT 04/04 Kec. Sukadiri, Kab.Tangerang.

Makanan khas ini diolah secara tradisional dengan rempah-rempah pilihan bercita rasa premium tanpa campuran lain di dalamnya. Aromanya pun istimewa.

Pemilik Gerai Sabajo, Umi Kulsum, menjelaskan kuliner khas ini mendapat dukungan Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) dan di bawah binaan Disporabudpar, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Makanan khas ini berawal dari resep orang tua yang diwariskan secara turun-menurun dari beberapa generasi. Ini menjadi sumber inspirasi yang akhirnya sabajo dapat terkenal karena rasa dan teksturnya yang berbeda dari yang lain,” ucap Umi Kulsum pada Tim Liputan Diskominfo, Sabtu (27/8/2021).

Menurut Umi, sate di gerainya dibuat dari bandeng pilihan yang masih seger. Adapun proses pembuatannya dilakukan secara manual dan teliti, yang menghasilkan sate bandeng berkualitas.

“Ikan bandeng juga kaya manfaat. Selain mencegah penyakit jantung koroner, bandeng juga menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko hipertensi, menjaga kesehatan ginjal, meningkatkan kesehatan gigi dan tulang untuk menjaga daya tahan tubuh, serta baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung lebih banyak omega-3,” paparnya

Bagi pencinta kuliner yang ingin menikmati sabajo bisa ditemukan di toko konvensional dan online (daring), seperti pusat oleh-oleh gerai IKM Cibadak, Kecamatan Cikupa, rest area Karang Tengah Kota Tangerang, Kitamart Citra Raya Cikupa, dapur sabajo Pagedangan Udik Kronjo, dan di beberapa toko daring OLX, Tokopedia, dan juga Warung Telkom.

Menu sabajo dijual seharga Rp25.000-Rp35.000 sesuai dengan ukuran ikan. Sabajo emiliki dua varian: pedas dan original. Sabajo pernah juara 2 dalam lomba kuliner WPMI Award 2018, se-Jawa dan Bali yang diselenggarakan oleh wanita pengusaha muslimah Indonesia di Cibubur Jakarta. (sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.