RS Sari Asih Karawaci Semarakkan Hari PMI dengan Donor Darah

by -12 views
rs sari asih

BANTENNOW.COM, TANGERANG – Donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang didapatkan sebenarnya tidak hanya pada penerima donor namun para pendonor juga dapat merasakannya.

Hanya saja masih banyak yang ragu bahkan takut untuk mendonorkan darahnya, terlebih saat pandemi. Padahal banyak sekali manfaat yang didapat dari donor darah.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Palang Merah Indonesia, pada Senin, (13/9/2021), RS Sari Asih Karawaci menggelar aksi donor darah.

Aksi donor darah yang didukung oleh PMI Kota Tangerang ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Senin, 13 September hingga Selasa, 14 September 2021.

rs sari asih

Dalam kesempatan ini, PMI Kota Tangerang menargetkan 100 kantong darah dari para pendonor. Meski masih dalam kondisi pandemi, PMI Kota Tangerang dan RS Sari Asih Karawaci tidak kekurangan para pendonor.

Manfaat yang didapat dari donor darah untuk kesehatan mengalahkan rasa takut terhadap pandemi. Para karyawan RS Sari Asih Karawaci dan juga masyarakat umum turut mengantri untuk daftar sebagai pendonor.

Aksi donor darah dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pendonor dilakukan screening terlebih dahulu oleh dokter. Jika syarat yang ditentukan telah terpenuhi, pendonor dipersilahkan untuk melakukan donor darah.

Petugas Aksi Donor Darah RS Sari Asih Karawaci, Ibu Nofa Hendrawati, menyebutkan antusiasme para karyawan dan masyarakat umum untuk melakukan donor darah cukup tinggi meski di tengah pandemi. Di hari pertama kegiatan, sudah 65 pendonor yang mendaftarkan diri.

“Pendaftaran dilakukan melalui link yang kita berikan atau bisa langsung datang ke RS Sari Asih Karawaci. Untuk para pendonor yang mendaftar, kita lakukan screening secara lengkap dan tentu saja proses dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat,” ujar Ibu Nofa Hendrawati.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang, dr. David H. Sidabutar, M. Biomed, dalam diskusi yang disiarkan live instagram @rsariasih memaparkan bahwa donor darah sangat penting karena sumber darah bagi manusia harus dari manusia itu sendiri, karena belum ada sumber darah yang lain seperti darah sintetik.

Darah mengandung oksigen yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh orang yang membutuhkannya,” jelas dr. David H. Sidabutar, M. Biomed. (rls/sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.