Respon Cepat Resmob Polrestro Tangerang Kota Terkait Debt Colektor Diapresiasi Jurnalis

by -224 views

Respon cepat yang ditunjukan jajaran Resmob Polres Metro Tangerang Kota, terkait penanganan aksi debt colektor, diapresiasi kalangan jurnalis.

Kepolisian meminta kepada masyarakat untuk melapor bila unit kendaraannya dirampas paksa oleh pihak perusahaan kreditur (leasing).

“Kalau dirampas paksa silahkan melapor ke kami atau kantor polisi terdekat,” ujar Kanit Resmob Polres Metro Tangerang Kota Iptu Prapto, Jumat, (29/5/20).

Pernyataan itu disampaikan Prapto setelah memediasi sejumlah mata elang yang hendak menagih hutang kredit mobil kepada salah seorang kreditur karena meresahkan di depan kantor Pengadilan Negeri, Kota Tangerang.

Dia menyebut Mahkamah Konsitusi (MK), telah memutuskan perusahaan kreditur tidak bisa menarik objek seperti unit kendaraan atau rumah secara sepihak.

“Jadi, pihak leasing telah melanggar hukum jika melakukan perampasan,” katanya.

Bila perampasan terjadi, maka pihak leasing bisa dikenakan KUHP Pasal 368 tentang perampasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

“Kalau leasing ingin mengeksekusi harus berdasarkan surat permohonan eksekusi dari pengadilan. Ini berdasarkan ketetapan MK,” pungkasnya.

Salah seorang pengurus PWI Kota Tangerang, Aziz mengapresiasi respon cepat yang dilakukan jajaran Resmob Polrestro Tangerang Kota. Menurutnya, hanya dalam hitungan menit jajaran Resmob datang ke TKP, usai mendapat laporan.

“Sangat baik, menurut saya. Langsung bergerak cepat ke TKP dan mampu memediasi persoalan dengan baik dan selesai,” akunya.

Hal senada disampaikan, pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Banten, Wahyu Hariyadi, atas aksi cepat dan penyelesaian laporan masyarakat tersebut. Ia, menyebut aksi cepat yang ditunjukan jajaran Resmob Polrestro Tangerang Kota tersebut, sudah sangat sesuai dengan semboyan Polri yang Promoter.

“Sangat baik tadi jajaran Resmob Polrestro Tangerang, merespon pengaduan maayarakat. Dan akhirnya, bisa diselesaikan dengan baik. Aplaus buat kinerja jajaran Polrestro Tangerang Kota,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.