PSBB Kabupaten Tangerang Berlaku 18 April, Ribuan KK Dapat Bansos

by -128 views

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Tangerang rencananya akan diterapkan, pada Sabtu 18 April 2020, pukul 00.01 WIB.

Hal itu disampaikan oBupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada media saat siaran pers melalui video conference, dari gedung Bupati Tangerang di Tigaraksa, Senin (13/4/20).

Siaran press bupati tersebut terkait kepastian pelaksanaan PSBB di Kabupaten Tangerang, setelah usai rapat bersama Gubernur Banten, dan Wali Kota Tangerang dan Wali Kota Tangerang Selatan melalui Video Conference.

Penetapan PSBB ini sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.17/Menkes/249/2020 Tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan, pihaknya akan terus melakukan Sosialisasi sebelum di terapkannya PSBB. Sosialisasi akan berjalan selama tiga hari ke depan.

Yaitu hari Rabu, Kamis dan Jumat atau tanggal 15 hingga 17 April 2020, melalui media online, Radio, Baliho, Media sosial (medsos,) kecamatan, kelurahan dan desa atau gugus tugas jejaring sosial.

“Sosialisasi ini bertujuan agar penerapan PSBB di Kabupaten Tangerang berjalan efektip efisien dan optimal,” ucapnya.

Zaki juga mengatakan, pihaknya sudah mengintruksikan kepada seluruh camat untuk segera membuat gugus tugas tingkat RT/RW siaga di kecamatan masing-masing. Setidaknya sampe tiga hari ke depan untuk segera membentuk satgas RT/RW siaga.

“Gugus Tugas tingkat RT RW sedang di bentuk. Nantinya mereka menjadi garda terdepan pelaksanaan di wilayahnya masing-masing bersama petugas kepolisiam dan TNI,” kata Zaki

Karna nanti informasi dan sosialisasi mengenai PSBB itu akan jauh lebih efektif dilakukan oleh RT/RW siaga covid-19 untuk meminimalisir pergerakan dari warga.

Selain itu Pemkab juga akan memberikan Bantuan Sosial Tunai melalui Rekening Bank, dengan nilai Rp600 ribu per KK selama sebulan. Untuk anggaran sudah dipersiapkan sekitar Rp150 miliar untuk 83.333 KK untuk tiga bulan ke depan.

“Untuk yang mendapatkan bantuan sosial tunai adalah Warga yang terdampak Covid-19. Bantuan ini di luar warga yang sudah terdaftar di PKH. Dan bantuan pangan non tunai ataupun yang sudah terdaftar di program-program bantuan lain, baik dari pemerintah pusat ataupun pemerintah Provinsi Banten,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.