PMII Banten Serukan Rekonsilisasi Nasional

by -279 views

SERANG, (BN) – Pengurus Kordinator Cabang (PKC) yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Provinsi Banten, adakan dialog kebangsaan. Kali ini membahas ‘Rekonsiliasi nasional pasca Pemilu 2019,’ di Hotel Abadi Kota Serang, kemarin.

Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten, KH Amas Tajudin mengatakan, dialog dilakukan bersama generasi muda dan antar tokoh agama, sangat perlu dilakukan, pasca rangkaian Pemilu 2019.

Masyarakat perlu pemahaman yang kuat agar tidak salah memaknai mengenai informasi yang beredar saat ini. Hal itu bisa dilakukan oleh kelompok pemuda, dari generasi milenial hingga sampai mahasiswa sebagai pelopor gerakan kebangsaan dan harapan bangsa.

“Dialog kebangsaan Pasca Pilpres sebagai penguatan persatuan dan ketahanan berbangsa dan bernegara, adalah suatu keniscayaan yang harus terus dilakukan. Agar tidak menimbulkan ketegangan dan pemikiran radikal terorisme,” ujarnya.

Menurut KH Amas, pemuda dan mahasiswa adalah pelopor utama ketahanan negara untuk mencegah gerakan disintegrasi bangsa yang terjadi di masyarakat bawah.

Perbedaan yang disebabkan pilihan politik telah mengarah kepada politisasi agama. Sehingga, masyarakat tergerakan untuk terlibat penuh.

Ia juga berharap dialog berkelanjutan diteruskan dalam berbagai kesempatan untuk mengantisipasi berita bohong dan fitnah. Dengan membangun komunikasi semangat nasionalisme untuk menjaga kebhinekaan.

Sementara itu, Ketua Umum Perngurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Provinsi Banten mengatakan, Pemilu 2019 menjadi rangkaian Pemilu yang menegangkan. Karena semua lapisan masyarakat terlibat penuh.

Disisi lain, dinamika yang hadir di masyarakat mengancam kepada perpecahan yang dasyat.

“Untuk itu kita perlu gerakan rekonsiliasi nasional yang masif,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.