Peringati Hari Koperasi Ke 72, Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Gelar Berbagai Perlombaan

by -68 views

TANGERANG, (BN) – Dalam Rangka memperingati Hari Koperasi yang ke 72 tahun 2019, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Koperasi dan UKM mengadakan bermacam perlombaan tingkat Kota Tangerang. Diantaranya lomba cerdas cermat koperasi tingkat SLTA/Sederajat, cerdas cermat antar pengurus koperasi, pemilihan duta koperasi, karya tulis ilmiah koperasi, serta lomba penilaian koperasi berprestasi kategori koperasi karyawan dan masyarakat.

Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang, Abdul Kholil Kurniawan mengatakan pihaknya mengundang para pelajar dalam ajang ini, untuk mengenalkan koperasi sejak dini kepada mereka. Sehingga lebih bisa memaknai tentang manfaat dan tujuan dari berkoperasi.

Selain itu kegiatan juga sebagai bentuk regenerasi, untuk menyiapkan generasi muda sebagai  pengurus koperasi yang handal di masa yang akan datang.

“Ajang ini juga salah satu upaya dalam meningkatkan Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gemaskop). Serta untuk menambah pengalaman dan wawasan kepada pelajar dan pengurus koperasi,” lanjutnya, ditemui pada pembukaan kegiatan tersebut di Gedung Cisadane, (30/7/2019).

Lanjutnya, kegiatan diharapkan dapat dijadikan bekal bagi para peserta dalam mengembangkan koperasi, khususnya di Kota Tangerang, baik itu di sekolah ataupun di masyarakat.

Untuk diketahui, menurut UU No. 25 Tahun 1992 koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Koperasi merupakan salah satu sektor perekonomian nasional yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi. Prinsip ini digunakan untuk menciptakan nilai luhur dalam menjalankan sebuah koperasi dan menciptakan keadilan bagi setiap anggotanya. (bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *