Perguruan SKI Juara Umum di Championship Ke-3

by -42 views

TIGARAKSA, (BN) – Perguruan pencak silat Sekar Kamulyaan Indonesia (SKI), meraih juara umum untuk tingkat SLTA sederajat pada event Championship ke-3 tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tangerang

Firli Pahrurozi selaku Chief Ececutive menyatakan, event Championship (Kejuaraan Sirkuit) ke-3, yang digelar di Gedung Diklat Kitri Bakti Curug Kabupaten Tangerang, dengan peserta sangat membludak, hingga mencapai 690 Pesilat.

“Peserta kejuaran sirkuit berjumlah 690 pesilat dari tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Dikatakan, sirkuit diadakan untuk mencari atlet terbaik yang akan mewakili Kabupaten Tangerang, untuk Kejuaran Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Provinsi Banten.

“Atlet yang meraih juara, nanti akan diseleksi kembali pada bulan Januari 2020. Tes meliputi Fisik dan ketangkasan. Yang berhasik lolos seleksi akan ditandingkan kembali pada Juli 2020 di Kota Serang mewakili Kabupaten Tangerang,” tukasnya.

Hendarman Guru Besar SKI Kabupaten Tangerang mengatakan, atlet yang meraih juara umum berasal dari berbagai sekolah.

“Kami bukan hanya melatih untuk seni saja, tapi rohani dan jasmani kami latih. Dimana mental dan akhlak kami bangun sejak dini. Pendidikan akedimik mereka harus berprestasi, agar regenasi pelajar bisa membangun bangsa dan mencintai tanah air. Karena Kami berdiri dimulai dari pejuang guru Blbesar Abah Aom Tur’at yang menurunkan ilmunya kepada Kami, dimulai dari masa penjajahan Belanda. Dan fokus untuk para pelajar setiap ampihan melatih pesilat agar bisa bertanding diberbagai kejuaraan menjadi atlet dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia,” paparnya

Hendarman menyatakan, meski peguruannya belum diperhatikan oleh pemerintah, semua pelatih diberbagai ampihan tetap semangat sejak tahun 1987.

“Kami berdiri pada Tahun 1987. Semula bernama Ikatan Persaudaraan Pencak Silat Sekar Kamulyaan (IPPSK) kini setelah diurus dan berbadan hukum menjadi Sekar Kamulyaan Indonesia (SKI). Sampai saat ini meskipun Perguruan Kami dari awal berdiri hingga melahirkan Atlet Nasional dan memasiku Asean Game, belum pernah pemerintah memerhatikan kami.” terangnya.

Sementara Karnoto pelatih ampihan Wilayah Tangerang Barat, menjelaskan, pada pertandingan kali ini, atlitnya mampu meraih tujuh medali emas dan 14 medali Perak.

“Kami meraih tujuh medali emas dan 14 medali perak. Beerikut dengan tropi juara umum, piagam dan matras sebagai hadiah,” ucapnya.

Karnoto menambahkan bahwa atlet yang belajar SKI, berasal dari berbagai sekolah

“Kami tersebar dibeberapa Kecamatan. Yang meraih juara ke satu, Rifal Utomo, Vebriyansyah Nasution, Bayu Nasuha dari SMAN 19 Kabupaten Tangeran, Safaqih Maulana Ibrahim Kamal dari SMK Korpri, Endang dari SMK Jaya Buana, dan Nurul Hikmah dari SMAN 1 Kab. Tangerang. Dan Aditya Azhar Amrullah dari SMAN 7 Kabuapten Tangerang,” ungakapnya.

Karnoto pun berharap, agar dikemudian hari ada perhatian untuk padepokan SKI.

“Besar harapan dari perguruan Kami kepada Pemerintah selalu suport Kami, baik berupa Pembangunan Padepokan dan Alat-alat pesilat untuk memaksimalkan dalam pelatihan,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *