Penyu Besar Ditemukan Mati di Perairan Bojonegara, Aktivis Duga Dampak Industri

by -65 views

SERANG, (BN) – Maraknya pembangunan industri di wilayah pesisir, dinilai membawa dampak negatif bagi ekosistem di wilayah sekitar.

Hal tersebut, mungkin tidak akan terlihat secara langsung, namun dampak yang ditimbulkan bisa berakibat fatal jika pengelolaannya tidak sesuai dan akan terlihat secara berkala seiring berjalannya waktu.

Seperti yang terlihat di perairan Bojonegara, Kabupaten Serang baru-baru ini. Seekor penyu ditemukan mengambang dan telah menjadi bangkai di Perairan Bojonegara, Kabupaten Serang.

Adanya penemuan bangkai penyu berukuran raksasa tersebut dilaporkan Aktifis Lingkungan dan Nelayan Bojonegara, Titin Kholawiyah kepada awak media.

“Bangkai penyu berukuran besar itu pertama kali ditemukan sekitar pukul 16.30 WIB. Awalnya temen kerja saya ngasi tahu ada mayat. Pas saya lihat ke lokasi ternyata bangkai penyu. Ukurannya lumayan besar,” kata Titin melalui rilis, Senin (29/7/2019).

Titin mengaku kaget hewan yang dilindungi undang-undang itu mati di Perairan Bojonegara.

“Dulu memang ada habitat penyu di Bojonegara. Jauh sebelum pabrik berdiri, kita sering melihat penyu. Tapi sekarang sudah tidak terlihat lagi,” ungkapnya seraya mengenang indahnya perairan Bojonegara saat kecil.

Titin mengaku miris dan menilai, industrialisasi di pesisir Pantai Bojonegara ikut andil dalam rusaknya habitat penyu.

“Bangkai penyu yang kita temukan mengambang itu bukti bahwa ada habitat penyu di sini (Bojonegara, red). Rusaknya biota laut akibat industrialisasi dan limbah pabrik maupun limbah kapal yang engker, diduga menjadi salah satu penyebabnya,” ucapnya.

Diketahui, di Indonesia saat ini, tutur Titin, ada tujuh jenis penyu yang dilindungi undang-undang yakni Penyu hijau (Chelonia mydas), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu lekang kempii (Lepidochelys kempi), Penyu lekang (Lepidochelys olivachea), Penyu belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu pipih (Natator depressus), dan Penyu tempayan (Caretta caretta).

“Bangkai penyu yang ditemukan mengambang di Perairan Bojonegara itu diduga penyu jenis Penyu Hijau yang merupakan jenis penyu yang paling sering ditemukan dan hidup di laut tropis,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.