Penilik Dikmas Jombang Kunjungi TBM Nawacita

by -33 views

CILEGON, (BN) – Ketua TBM Nawacita Irfan Ali Hakim didampingi sejumlah pengurus, menerima kedatangan H. Samsuri, selaku Penilik Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kecamatan Jombang pada Dinas Pendidikan (Dindik), Kota Cilegon.

Selain dalam rangka Silaturahmi, agenda kunjungan tersebut juga dilakukan sebagai bentuk monitoring efektivitas kegiatan yang dilakukan di TBM Nawacita.

Dalam obrolan santai bersama Pak Karman selaku pemilik bangunan yang secara tulus mewakafkan sebagian rumahnya untuk digunakan menjadi TBM, perbincangan seputar program hingga persiapan untuk mewakili Kota Cilegon di ajang lomba pengelolaan TBM tingkat Provinsi Banten tercetus dalam pertemuan itu.

“Intinya ini kunjungan Silaturahmi sekaligus memantau kegiatan di TBM Nawacita. Saya yakin pengurus disini (TBM Nawacita) bisa diandalkan dan tidak perlu di ragukan lagi dalam mengelola TBM. Apalagi para pengurusnya mayoritas dari kalangan wartawan,” ungkap Samsuri, Senin (2/3/2020).

Samsuri juga mengapresiasi keberadaan TBM Nawacita.

“Luar biasa karena saya tahu, meskipun baru kemarin sudah bisa membuktikan dengan menjadi juara mewakili Cilegon untuk ke tingkat Provinsi untuk lomba pengelolaan TBM. Mudah-mudahan bisa membawa nama baik Kota Cilegon dan bisa dipersiapkan secara matang,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua TBM Nawacita Irfan Ali Hakim mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Kota Cilegon, khususnya kepada H Samsuri selaku Penilik yang sudah menyempatkan waktu untuk hadir.

“Terimakasih atas waktunya, beginilah kondisi kami dan dengan hadirnya Pak Samsuri Insya Allah menambah semangat para pengurus untuk terus melakukan inovasi dalam melaksanakan program-program di TBM Nawacita. Terkait beberapa fasilitas yang masih perlu dilengkapi, sudah masuk ke dalam catatan kami dan secara bertahap akan kami wujudkan demi kemajuan dan perkembangan TBM kami,” jelasnya.

Terkait program yang akan dilaksanakan kedepan, Irfan menyampaikan beberapa rencana seperti melakukan kegiatan diluar TBM, mulai dari kegiatan wisata Literasi atau pelatihan yang sifatnya hiburan.

“Beberapa program sudah kami rencanakan. Mungkin suatu saat kami akan ajak anak-anak di TBM Nawacita ke pantai melakukan kegiatan tadabur alam atau latihan renang dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, selain melakukan kegiatan seperti biasa, hadir pula Kak Putri Dongeng dari TBM Adenis yang menyempatkan waktu untuk berbagi kebahagian kepada anak-anak di TBM Nawacita.

Dalam menyampaikan dongengnya, Kak Putri lebih banyak melakukan interaksi kepada anak-anak dari mulai bernyanyi, menari, hingga menyampaikan beberapa pengetahuan umum lainnya.

“Kegiatan mendongeng ini merupakan program sedekah dongeng yang dilakukan oleh TBM Adenis untuk membawa masyarakat khususnya anak anak untuk ikut bahagia mendapatkan pendidikan dengan tidak merasa digurui melalui mendongeng. Kebetulan salah satu tempat yang menjadi tujuan adalah TBM Nawacita dan ini perdana dan ini rutin dilaksanakan minimal dua tempat dalam satu bulan. Program ini merupakan program sosial yang bentuknya roadshow. Antusias anak-anak dan juga orangtuanya sangat luar biasa, mudah-mudahan kedepan bisa terus seperti ini dan tetap bersinergi dan menjadi mitra dalam program sosial ataupun program lainnya. Dan di TBM Nawacita ini, saya lihat tidak hanya untuk di kenal tapi juga dirasa kebermanfaatannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kak Putri juga turut membagikan souvenir sebagai kenang-kenangan berupa souvenir kepada anak-anak di TBM Nawacita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *