Pembangunan Gedung UMKM Tangsel Terancam Molor

by -76 views

TANGSEL, (BN) – Pembangunan kontruksi gedung gerai UMKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terancam molor. Proyek yang dianggarkan multiyear ini  diberi pagu Rp86 Miliar lebih, menggunakan APBD tahun 2018, 2019 dan 2020.

Pantauan awak media di lapangan, pekerjaan baru dimulai sesuai kontrak pada bulan Januari 2019. Dilihat dari progres pekerjaan, seharusnya bisa mencapai minimal 50 persen.

Pelaksana proyek pembangunan adalah PT Citra Agung Utama dan Managemen Kontruksi, PT. Gapura Nirwana Agung Konsultan, dengan waktu pelaksanaan 540 hari kalender.

Di papan proyek yang ada dilokasi tercatat sumber dana APBD Tangsel Tahun Anggaran 2017 – 2020, berbeda dengan yang tertulis di Lembaga Pemgadaan Secara Elektronik (LPSE) Tangsel.

Tenaga ahli terkait Pengadaan dan Jasa Pemerintah, Eldika Sabda Lubis, dimintai tanggapan mengatakan, setidaknya diungkapkan progres dalam setahun pelaksanaan atau 330 hari. Meski multiyear, minimal pekerjaannya sudah mencapai 50 persen, selesai.

“Kenyataannya di lapangan jika dilihat kondisinya, paling tidak persentasenya baru 5-10 persen, kan baru pondasi. Seharusnya PPK nya sudah paham,” kata Sabda.

Menurut Sabda, progres itu sudah ada di schedule pekerjaan. Namun dengan nilai proyek Rp86 miliar, dan progres baru pondasi kisaran 5 persen, jauh dari ideal.

“Coba dibandingkan dengan pekerjaan pembangunan rumah dinas walikota yang berada persis disamping proyek UMKM dengan nilai Rp9 miliar, hanya dalam waktu enam bulan selesai, kok,” tandasnya.

Sabda juga menjelaskan dengan pekerjaan seperti itu harus ada sanksi dari PPK nya, karena progres sudah tidak memenuhi standar.

“Kalau dibandingkan dengan waktu bobot pekerjaan seharusnya sudah mencapai 70 persen,” yakinnya.

Sementara itu saat dihubungi awak media, Kabid Bangunan Pemerintah, pada Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel, Hendri Sumawijaya melalui seluler tidak merespon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *