Oma Inna Lansia 102 Tahun di Kota Tangerang Divaksin Covid-19

by -95 views
Oma Inna

BANTENNOW.COM, TANGERANG — Meski sudah 102 tahun, tak mengurangi antusiasme Inna Wati, untuk mengikuti jalannya vaksinasi covid-19. Warga Banjar Wijaya, Kecamatan Cipondoh ini, menjadi penerima vaksin covid-19 tertua di Kota Tangerang, yang dilakukan di Puskesmas Poris Plawad, Minggu (11/4/21).

Lahir di Purwodadi, 12 Desember 1919, Oma Inna sapaan akrabnya ini memang memiliki keturunan umur panjang. Diketahui, ibu dari Oma Inna tutup usia di usia 104 tahun. Memiliki umur lebih dari se-abad, Oma Inna masih melakukan aktivitas hariannya secara mandiri.

“Oma Inna di rumah masih mandiri, makan atau mandi masih bisa dia lakukan sendiri. Masak menu kesukaannya pun sering dia lakukan sendiri. Terkadang, mba di rumah dilarang mencucikan piringnya, karena Oma Inna maunya melakukan sendiri,” ungkap anak tunggal Oma Inna, Liliana.

Liliana pun mengungkapkan, tidak ada resep khusus yang dilakukan Oma Inna hingga umurnya mencapai 102 tahun. Hanya tidak makan secara berlebihan, yang memang menjadi kebiasaan Oma Inna sejak dulu.

“Dia selalu mengonsumsi apa pun secara secukupnya. Selebihnya, hanya pola hidup sehat secara normal yang Oma Inna lakukan sejak muda,” katanya.

Sementara itu, usai menjalani vaksinasi, Oma Inna tidak mengalami keluhan. Hanya memiliki komorbid hipertensi. Namun, hal itu sudah dalam pantauan dokter Puskesmas Poris Plawad.

“Hari ini ditensi 170/80, namun Oma Inna tetap bisa divaksin karena kriteria lansia itu 180/100. Oleh karena itu, Oma Inna boleh menerima vaksin dosis kedua. Tidak ada keluhan, ke depan Oma Inna akan mendapat pantauan khusus rutin dari Puskesmas Poris Plawad,” tutur Kepala Puskesmas Poris Plawad, dr. Wien Agung.

Diketahui, hingga saat ini, Pemkot Tangerang sedang menyelesaikan target vaksinasi lansia kepada 45 ribu penerima, dari 117.010 lansia. Kategori lansia, menjadi salah satu prioritas, mengingat angka kematian covid-19 terbanyak, 75 persen yaitu berasal dari usia 60 tahun ke atas. (sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.