Notaris dan Notaris Pengganti Wilayah Kerja Banten Dilantik

by -74 views

SERANG, (BN) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten, menyelenggarkan pelantikan Notaris dan Notaris penganti wilayah kerja Provinsi Banten, Senin (7/10/2019), di Ruang Lobby Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham, Banten.

Kepala Divisi pelayanan Hukum dan HAM, Sri Kurniati Handayani Pane, mewakili Kepala Kanwil Kemenhumham Banten, mengambil sumpah sekaligus melantik Notaris serta Notaris Penggganti Wilayah Kerja Provinsi Banten.

Sri berpesan kepada para Notaris, untuk bertindak amanah, jujur, seksama, mandiri, tidak berpihak dan menjaga kepentingan pihak yang terkait dalam perbuatan hukum.

“Hal ini guna memperkecil kemungkinan terjadinya pelanggaran kode etik dan pelanggaran jabatan oleh Notaris, sebagaimana dimaksud pada Undang-undang Nomor 2 tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris,” katanya.

Dikatakan Sri, jika para Notaris melanggar kode etik dan UU yang telah disebutkan di atas, maka akan di kenakan sanksi berupa tertulis maupun pemberhentian.

“Sanksinya berupa pemberhentian sementara, pemberhentian dengan hormat, atau pemberhentian dengan tidak hormat,” katanya.

Sri juga mengatakan, bagi Notaris pengganti selaku penerima protokol dari Notaris, agar menyerahkan kembali protokol Notaris kepada Notaris yang digantikan setelah masa cutinya berakhir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kemudian, tambahnya, berita acara penyerahan protokol tersebut juga agar diserahkan kepada Majelis Pengawas Daerah Notaris setempat.

“Perlu juga diperhatikan oleh Notaris dan Notaris Pengganti, untuk dapat membuat laporan bulanan secara online melalui website notarisbanten.com dan tidak lagi membuat laporan secara manual,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.