Mulai Besok, Pemkot Serang Berlakukan Kerja dari Rumah Seluruh OPD

by -29 views

Kepala Diskominfo Kota Serang Hari W Pamungkas mengatakan, terhitung mulai hari ini, Rabu (18/3/20), Diskominfo Kota Serang, sudah menerapkan sistem kerja dari rumah bagi sebagian pegawainya sesuai dengan yang tercatat dalam edaran Wali Kota.

“Absensi ubah ke manual semua itu kami lakukan di Diskominfo jam 7.30 pagi,” kata Hari di Puspemkot Serang.

Untuk pengawasan, pihaknya melakukan video conference setiap harinya pada pukul 14.000 WIB atau 15.00 WIB.

Kemudian, lanjutnya, hasil dari video conference akan dilaporkan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Mekanisme itu harus dilaporkan ke BKPSDM dan kami laporkan setiap pukul 15.00 sore,” katanya.

Namun, sambungnya, untuk beberapa pegawai seperti kasubag keuangan, kasubag umum, resepsionis dan layanan call center kominfo di 112 tetap standby di kantor selama 24 jam.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi B Muhsinin mengatakan, penetapan kerja di rumah diberlakukan mulai besok, Kamis 19 Maret 2020.

Namun pihaknya tidak menampik, bahwa di beberapa OPD, mekanisme tersebut sudah dijalankan.

“Saat ini juga sudah ada pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Serang yang sudah kerja di rumah. Namun, ada sebagian OPD yang masih bekerja karena hal ini dikembalikan lagi kepada masing-masing kepala OPD untuk pengaturannya. Kan tidak total, kalau yang sifatnya pelayanan masih berjalan. Yang tau kan kepala OPD nya, contoh Disdukcapil, misalnya keroyokan itu bisa ditangai berapa orang, cukup tiga orang, berarti yang lain dirumah. Termasuk OPD lain, pada intinya mengurangi orang kumpul-kumpul karena memutus rantai penyebaran Corona,” terang Ritadi, melalui sambungan telepon.

Kemudian, sambungnya, untuk laporan dari OPD ke BKPSDM Kota Serang, tidak dilakukan setiap hari.

“Karena pengawasan dilakukan oleh masing-masing OPD, tapi pada akhirnya disetiap tanggal 31 ada evaluasi oleh kepala OPD,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *