Mobil Vaksin COVID-19 Jangkau Hingga ke Pelosok Desa

by -63 views
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi

BANTENNOW.COM, KABUPATEN TANGERANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Kesehatan melakukan inovasi dalam percepatan vaksinasi dengan menghadirkan mobil vaksin khusus pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk menjangkau warga yang tinggal di daerah pelosok.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi mengatakan, inovasi tersebut bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, mobil vaksin tersebut nantinya akan beroperasi di daerah-daerah yang sulit di jangkau, sehingga nantinya masyarakat, khususnya di Kabupaten Tangerang akan mendapat vaksin secara keseluruhan.

“Jadi untuk mobil vaksinasi keliling ini kita laksanakan sesuai arahan dari Bupati, untuk menjangkau daerah-daerah yang memang tidak dapat terfasilitasi oleh kegiatan vaksinasi massal maupun vaksinasi yang ada di Puskesmas. Jadi, kami berkeliling kepada warga sekaligus juga mengedukasi bahwa vaksin itu sangat penting,” ucapnya, pada Senin (09/08/2021).

Berdasarkan informasi, ada dua lokasi vaksinasi dengan mobil keliling, yaitu Kecamatan Kelapa Dua dan Kecamatan Tigaraksa untuk dua minggu ini. Masyarakat yang mau melakukan vaksinasi syaratnya tetap sama yaitu berusia minimal 18 tahun dan memiliki KTP, atau Surat Keterangan Domisili dari RT/RW setempat.

“Tidak ada persyaratan apapun, sama seperti biasa. Hanya yang membedakan, nanti kita itu datang langsung ke RT atau RW nya nanti kita langsung laksanakan vaksinasi di situ. Persyaratannya sama semua dengan yang lain-lain jadi dari usia 18 tahun ke atas,” lanjutnya.

Pemkab Tangerang juga tengah menyiapkan 3 kendaraan lagi untuk mobil vaksinasi keliling, agar warga ber-KTP Kabupaten Tangerang dapat segera melaksanakan vaksinasi. Minimal telah melakukan vaksinasi dosis pertama.

“Kapasitas vaksinasi di mobil keliling ini bisa melayani sampai 200-300 orang yang divaksin, sekarang baru 1 unit mobil yang baru beroperasi, semoga secepatnya nanti akan bertambah tiga unit mobil lagi untuk mendorong percepatan pembentukan herd immunity,” ujar Hendra. (hms/sdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.