Mengenal Lebih Dekat Prof. DR. Lili Romli

by -130 views

SERANG, (BN) – Prof. Dr. Lili Romli, M.Si, lahir di Pontang, Serang, Banten, adalah putra ketiga dari delapan bersaudara, dari H. Sabrani (alm, wafat 23 Agustus 2003) dan Hj. Robiatul. Menikah dengan Ika Nurmaya dan dikaruniai empat anak, yaitu M. Zahid Rausyanfikri, Nabila Maularizka, M. Fathan Muhandis, dan M. Faqih Maulana.

Prof. Lili Romli menamatkan Sekolah Dasar Negeri Pontang, Sekolah Menengah Pertama Negeri Serang, gelar Sarjana Ilmu Politik, Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) tahun, serta memperoleh gelar Magister Ilmu Politik dan Doktor Ilmu Politik dari FISIP UI.

Prof. Lili Romli bekerja pada Pusat Penelitian Politik LIPI dengan posisi sebagai profesor riset dan ahli peneliti utama dengan pangkat/golongan Pembina Utama Golongan IV/e. Selama bekerja di LIPI, pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Politik pada Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal.

Deputi Pengembangan Daerah Khusus Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Plt. Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; dan Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar-Lembaga Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

Prof Lili Romli adalah Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (ICMI) Orwil Banten dan Direktur Eksekutif Banten Institute For Regional Development (BIRD). Ia juga aktif sebagai pengurus pusat Asosiasi Ilmu Politik Indonesia.

Selain itu, ikut serta dalam pembinaan kader ilmiah, sebagai pengajar di Program S1 Departemen Ilmu Politik FISIP UI, dan pengajar Program Pascasarjana Departemen Ilmu Politik FISIP UI dan Program Pascasarjana Universitas Nasional.

Menerima tanda penghargaan Satyalancana Karya Satya X Tahun 2003 dan Satyalancana Karya Satya XX Tahun 2013 dari Presiden Republik Indonesia.

Lili Romli maju ikut kontestasi dilatari oleh dorongan dan aspirasi dari masyarakat kabupaten Serang, teruatama kalanngan mudan dan milenial yang ingin ada perubahan dan percepatan pembangunan Kabuapaten Serang.

Lili mengakui bahwa sudah banyak yang dibangun oleh para pendahulu dan petahana dalam pembangunan Serang, tetapi perlu ada akselerasi pembangunan agar Kabupaten Serang maju dan sejahtera seperti daerah-daerah lain.

Program unggulan adalah menjadikan desa sebagai pusat perkebangan ekonomi dan pertumbuhan. Desa-desa harus menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi sehingga masyarakat desa menjadi sejahtera dan maju.

Para pemuda harus menjadi agen dan subyek pembanguna di desa-desa. Oleh karena itu ia akan mendirikan semacam Balai Latihan Kerja setiap kecamatan dan membangun graha pemuda.

Para pemuda perlu dilatih keterampilan sesuai dengan kebutuhan indusri dan diberi pelatihan juga sebagai interprener muda agar nanti menjadi pengusaha sukses.

Kabupaten Serang  sebagai daerah santri dimana Islam begitu kuat, perlu terus dijaga jangan sampai mengalami degradasi. Oleh karena akan dibangun juga setiap kecamatan Islamic Center, sebagi pusat dakwah dan pengembangan Islam.

“Dalam membangun Kabupaten Serang tidak bisa sendirian, harus berkerjasama dengan semua elemen masyarakat dan kekuatan politik. Oleh karena itu, saya maju dalam pilkada melalui jalur partai, tidak jalur independent. Kita perlu bersama partai-partai yang ada di Kab. Serang bersama-sama membangun Serang agar maju dan sejahtera,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.