Masyarakat Ujungjaya Pandeglang, Sambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriah dengan Istighosah

by -181 views

PANDEGLANG, (BN) – Tahun baru Hijriah adalah tahun baru kalender Islam. Memperingati tahun baru Islam 1441 Hijriah, masyarakat Desa Ujungjaya, Kabupaten Pandeglang, adakan Dzikir Akbar/Istighosah, di mesjid Nurul Huda Kp. Cikawung.

Istighosah dipimpin oleh Kiai Johani selaku tokoh agama Desa Ujungjaya.

H. Medi tokoh agama Ujungjaya menjelaskan, Istighosah bertujuan mempererat Ukhuah Islamiah. Juga bermunajat kepada Allah SWT, agar terhindar mara bahaya.

Mengingat saat ini, bencana alam di Indonesia sering terjadi. Apalagi Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, berada di ujung pulau Jawa yang rentan bencana.

“Acara sekaligus dibarengi dengan makan bersama, serta tausyah yang disampaikan Kiai Mulyadi dari Kamoung Cihangasa,” ujarnya.

Dikatakan, Istighosah baru pertama kali dilakukan di Desa Ujungjaya. Akan tetapi antusias masyarakat sangat meriah, padahal tidak ada kepanitian. Terlihat dari masyarakat yang berbondong-bondong yang membawa makanan, alad duduk dan lainnya.

“Dzikir akbar dan Istighosan akan diupayakan tiap hari raya umat Islam. Selagi kita semua diberikan umur panjang serta dunia ini masih ada, akan terus diadakan,” tandasnya.

Sementara Kiai Mulyadi menuturkan, saat ini umat Islam jangan mau diadu domba. Maka itu penting menjalin ukhuwah Islamiyah di setiap perayaan hari besar Islam.

“Salah satunya hari raya tahun baru Hijriah ini. Agar umat Islam tetap bersatu, tetap kokoh dan tidak bisa di adu domba,” tegasnya. (bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.