Marslaw Officer Banten, Swadaya Keruk Kali Cituis Pakuhaji Tangerang

by -39 views

TIGARAKSA, (BN) – Pengerukan muara kali Cituis, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, dilakukan Marslaw Officer Banten bersama masyarakat. Pengerukan yang dilakukan dengan dana swadaya masyarakat nelayan ini, mendapat apresiasi berbagai kalangan.

Selama ini diketahui kali Cituis, yang melintas di dua desa yakni, Desa Surya Bahari dan Desa Sukawali, Kecamatan Pakuhaji dan berada di bibir pantai dekat dengan Provinsi DKI Jakarta, keberadaanya dikeluhkan nelayan, akibat terjadinya pendangkalan serta bermuara di pantai Cituis.

Salah satu sumber menyebutkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pernah menganggarkan dana hibah Rp3 miliar untuk melaksanakan normalisasi tersebut, namun ditolak Pemerintahan Provinsi Banten.

“Katanya ada kekhawatiran wilayah tersebut akan diklaim milik Provinsi DKI Jakarta. Padahal pembangunan TPI serta dermaga Cituis, juga dilaksanakan oleh Pemda DKI,” akunya.

Suryadi ketua TPI Cituis mengaku, dirinya sudah sering mengajukan permohonan untuk normalisasi pengerukan kali Cituis kepada Pemerintahan Provinsi Banten. Namun realisasinya tidak kunjung datang.

Mendengar hal itu, Marslaw Officer Banten, bertindak cepat. Di bawah komando Daniel Turangan, langsung membentuk tim swadaya masyarakat, untuk melaksanakan normalisasi kali Cituis. Itu dilakukan tanpa melihat batas teritorial wilayah, apakah masuk Banten atau DKI Jakarta.

Menurut Daniel Turangan, dirinya merasa empati terhadap masyarakat nelayan yang tak bisa melaut akibat pendangkalan di kali Cituis. Akibatnya, para nelayan sering terhambat, akibat terjadinya nelayan yang akan keluar masuk menuju dermaga.

“Kami dari ‘Marslaw Officer Banten’ dibantu oleh aparatur pemerintah setempat. Juga oleh jajaran TNI AL dan masyarakat tentunya, secara bersama, yang memberikan dukungan moril maupun materiil. Pencetus kegiatan ini adalah, Muhidin staf Desa Sukawali serta Jaenal Abidin,” ungkap Daniel, Senin, (6/1/20).

Sementara Suparman Kepala Desa Sukawali mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan. Sehingga pengerukan kali Cituis, bisa dilakukan, meski hanya swadaya.

“Terima kasih, saya ucapkan kepada Marslaw officer Banten, dan semua pihak yang telah membantu, kegiatan ini,” ucap Kades.

Ahmad Yani Sekjen Marlaw officer Banten, berharap ke Bupati Tangerang dan Ketua DPRD, untuk segera meninjau Kali Cituis yang sedang dikeruk.

“Petinggi Kabupaten Tangerang, harus segera merespon ke lokasi. Itu sebagai salah satu bentuk kepedulian, terhadap masyarakat nelayan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *