Kritisi Kasus Puskesmas Cikokol, KNPI Banten : KNPI Kota Tangerang Jangan Diam

by -28 views

SERANG, (BN) – Terkait kasus penolakan pihak Puskesmas Cikokol, Kota Tangerang, yang menghantarkan jenazah seorang warga, mendapat kritikan dari berbagai elemen.

Salah satunya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banten, yang menyesalkan adanya kasus penolakan tersebut. KNPI Banten, menyoroti sikap KNPI Kota Tangerang, yang terkesan diam saja.

Ketua DPD KNPI Banten, Muhamnad Rano Alfath mengatakan, meski berdalih standar operasional prosedural (SOP), tindakan pihak puskesmas dinilai tidak manusiawi.

“Sangat miris melihat seorang ayah menggedong mayat anaknya hanya karena SOP, apa sudah hilang hati nurani dan rasa kemanusian,” ujar Rano melalui sambungan telepon seluler, Minggu (25/8/2019).

Kasus penolakan tersebut pun kini tengah heboh dan viral di berbagai media sosial (medsos).

Menurut Rano, mestinya pihak Puskemas Cikokol, sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan lebih mengedepankan kemanusiaan.

“Namanya pejabat ya pelayan masyarakat, gajinya dibayar oleh pajak masyarakat harus bertindak sebagai pelayan masa bosnya (masyarakat-red) minta tolong ga dilayanin,” katanya.

Ia menyayangkan lantaran kasus ini terjadi di Kota Tagerang yang selama ini dicitrakan sebagai Kota Modern, yang jaraknya berdampingan dengan Jakarta sebagai Ibukota Indonesia.

“Lebih parah peristiwa ini terjadi di tengah kota yang selalu membanggakan kotanya sebagai kota modern dengan semua fasilitas modernnya,” cetusnya.

Secara kelembagaan, ucap Rano, KNPI Banten meminta pejabat yang mengatur kebijakan tersebut bertanggungjawab.

“Kalau tidak bisa sebaiknya mundur sebagai bentuk tanggung jawab sosial ke masyarakat,” katanya.

Sementara, dirinya juga telah menginstruksikan KNPI Kota Tangerang untuk melakukan advokasi terhadap kasus tersebut.

“Saya sudah meminta KNPI Kota tidak diam saja. Harus sensisitif terkait hal kemanusian seperti ini dan harus bisa mengawal serta tidak takut mempertanyakan kebijiakan pemerintah daerah yang tidak pro masyarakat,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *