Kadisdukcapil Tangsel, Akan Usulkan Syarat Legalisir KK Untuk PPDB Dihapus

by -171 views

TANGSEL, (BN) – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Tangsel, Dedi Budiawan akan mengusulkan pencabutan syarat legalisir Kartu Keluarga (KK), pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) online, tingkat SMA/SMK Provinsi Banten.

Ia mengaku sebelumnya, sama sekali tidak mengetahui, akan adanya kedatangan para orang tua dan siswa calon peserta didik SMA/SMK ke Kantor Dukcapil, untuk pengurusan legalisir KK.

“Jujur kami kaget, tiba tiba kami seperti diserbu ratusan atau ribuan warga. Kami benar-benar tidak tahu, tidak ada kordinasi dan komunikasi oleh Dindik (dinas Pendidikan) Banten atau Dukcapil Banten,” aku Dedi Budiawan, Senin (17/6/2019).

Sebelumnya, di kantor Dinas Dukcapil sempat terjadi keributan kecil, lantaran pegawai Dinas Dukcapil kekeh, bahwa proses PPDB online, tidak membutuhkan legalisir foto copy KK.

Namun setelah para orang tua menjelaskan, dan memperlihatkan syarat-syarat pendaftaran PPDB Online di Provinsi Banten, pegawai Dinas Dukcapil baru memahami.

Sampai siang ini, sudah 200 lebih pemohon yang melegalisir foto copy KK-nya ke Kantor Dinas Dukcapil. Dia meprediksi jumlah itu masih akan terus bertambah, sampai jam pelayanan ditutup.

“Sudah 200 lebih, ini baru hari pertama. Maka saya akan mengusulkan syarat itu untuk dicabut,” jelasnya.

Dedi mengungkapkan, ada sejumlah alasan inefisiensi dalam pembuatan legalisir KK ke kantor Dinas Dukcapil yang dilakukan warga Kota Tangsel.

“Sebenarnya, jika sudah diteken saya (Kepala Dinas), KK itu sudah pasti benar. Jika ada rekayasa pasti sistem menolak. Kasihan kan warga harus antre, ini engga efisien. Untuk apa online jika cara-cara manual masih dilakukan,” katanya.

Saat ini lanjut dia, untuk memproses satu surat legalisir KK, minimal memakan waktu lima menit.

Dia meminta masyarakat yang datang memohon legalisir foto copy KK, tertib dan bersabar. “Kami mohon masyarakat juga bersabar dan tertib,” kata Dedi.

Sebelumnya diberitakan, orang tua calon siswa SMA-SMK serbu Disdukcapil Tangsel, guna kelengkapan online PPDB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.